Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS "THE SOEDS - COFFEE, EATS, SPACES"

CATRA WIDIYA NUGRAHA, Rocky Adiguna, SE., M.Sc., Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Industri kuliner berkembang dengan cepat di Indonesia mulai dari restoran alam, restoran cepat saji, restoran tradisional, hingga kafe. Kecenderungan orang untuk senang mencoba hal yang baru meningkatkan permintaan pada jenis rumah makan ataupun kafe dan salah satu fenomena gaya hidup masyarakat urban adalah menikmati makanan diluar seperti restoran, kafe atau rumah makan. Di kota Purwokerto pada khususnya, adanya banyak kampus menambah semaraknya pertumbuhan kafe dan atau kedai kopi untuk memenuhi permintaan anak muda. Fungsi kafe sekarang berubah lebih dari sekedar tempat nongkrong atau bersendau gurau namun juga sebagai tempat untuk mengerjakan tugas kuliah dan melakukan rapat pekerjaan. Dalam merancang rencana bisnis The Soeds - Coffee, Eats, Spaces ini mempertimbangkan faktor pada sisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal sehingga memberikan pandangan yang komprehensif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk merancang rencana bisnis kafe ruang kerja bersama dengan pilihan ruang rapat modern di tengah Kota Purwokerto yang menyajikan menu berkualitas dan penciptaan suasana yang nyaman untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta membuat rencana pelaksanaan bisnis yang lebih terukur dan komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan dimana setelah perencanaan bisnis dilakukan yang diikuti dengan pelaksanaan bisnisnya, refleksi atas kondisi riil di awal implementasi akan disampaikan. Berdasarkan analisis kelayakan yang dilakukan, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa The Soeds - Coffee, Eats, Spaces memiliki nilai NPV sebesar 1.418.038.972, nilai IRR sebesar 35%, dan Payback Period selama 2,6 tahun. Dengan kata lain bahwa hasil nilai NPV yang positif dan nilai IRR yang lebih besar daripada discount factor (10%), maka dapat disimpulkan bahwa rencana bisnis The Soeds - Coffee, Eats, Spaces layak untuk dijalankan.

The culinary industry is growing rapidly in Indonesia ranging from natural restaurants, fast food restaurants, traditional restaurants, to cafes. The tendency of people to enjoy trying new things increases the demand for this type of restaurant or cafe and one of the lifestyle phenomena of urban communities is enjoying food outside such as cafes or restaurants. In the city of Purwokerto in particular, the existence of many campuses adds to the vibrant growth of cafes and/or coffee shops to meet the demands of young people. The function of the cafe has now changed to more than just a place to hang out or have fun, but also as a place to do college assignments and hold work meetings. In designing The Soeds - Coffee, Eats, Spaces business plan, the external and internal environment factors are considered so as to provide a comprehensive view. The purpose of this research is to design business plan of a coworking space cafe with a choice of modern meeting rooms in the middle of Purwokerto City that serves quality menus and creates a comfortable ambiance to meet consumer needs, as well as to create a more scalable and comprehensive business plan. The research method used is an action research where after the business planning is carried out then followed by the implementation of the business, a reflection on the real conditions at the beginning of the implementation will be delivered. Based on the feasibility analysis, the results of the research show that The Soeds - Coffee, Eats, Spaces has NPV value of 1,418,038,972, IRR value of 35%, and a payback period of 2.6 years. In other words, that the result of a positive NPV value and an IRR value that is greater than the discount factor (10%), it can be concluded that The Soeds - Coffee, Eats, Spaces business plan is feasible to run.

Kata Kunci : kafe, rencana bisnis, penelitian tindakan, analisis kelayakan/ cafe, business plan, action research, feasibility analysis

  1. S2-2021-447555-abstract.pdf  
  2. S2-2021-447555-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-447555-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-447555-title.pdf