Laporkan Masalah

FAKTOR-FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN PERIOPERATIF: SCOPING REVIEW OF THE LITERATURE

Erwin Nur Malikhah, Christantie Effendy; Arifin Triyanto

2021 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Pelayanan perioperatif merupakan bagian penting dalam pelayanan kesehatan modern. Suatu pelayanan kesehatan dikatakan berkualitas apabila dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Menilai kepuasan cukup sulit dilakukan, mengingat sifatnya yang subjektif, kompleks dan multidimensional. Kepuasan pasien perioperatif dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mengetahui faktor-faktor yang dapat memprediksi kepuasan pasien dapat mendorong perbaikan dalam pelayanan perioperatif. Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor pelayanan kesehatan yang memengaruhi kepuasan pasien perioperatif berdasarkan literatur-literatur yang ada.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode scoping review dari literatur-literatur dengan mengikuti panduan dari the Prefered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis extension for Scoping Reviews (PRISMA-ScR). Database elektronik yang digunakan dalam pencarian literatur-literatur adalah PubMed, ScienceDirect, Clinical Key, dan SAGE Journal. Penelusuran artikel menggunakan kata kunci ((perioperative patient OR surgery patient OR surgical patient) AND factors AND patient satisfaction) didapatkan 4.811 literatur yang dipublikasikan pada tahun 2010-2020. Skrining duplikasi, judul, abstrak, dan isi dilakukan hingga dihasilkan 15 literatur yang dimasukkan dan disintesis. Hasil: Berdasarkan hasil analisis dari 15 literatur, terdapat beberapa faktor pelayanan kesehatan yang teridentifikasi dapat memengaruhi kepuasan pasien perioperatif. Faktor-faktor tersebut diklasifikasikan menjadi beberapa domain, antara lain: pemberian informasi (22,95%), interaksi staf dan pasien (21,31%), lingkungan (16,39%), nyeri dan ketidaknyamanan perioperatif (13,11%), ketakutan dan kecemasan pasien (6,56%), ketepatan waktu pelayanan (6,56%), kontinuitas pelayanan dan keterampilan teknis staf kesehatan (6,56%). Kesimpulan: Faktor-faktor pelayanan kesehatan yang paling banyak memengaruhi kepuasan pasien perioperatif yaitu: pemberian informasi, interaksi staf dan pasien, lingkungan, serta nyeri dan ketidaknyamanan perioperatif.

Kata Kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi, kepuasan pasien, pelayanan perioperatif, scoping review

  1. S1-2021-379550-abstract.pdf  
  2. S1-2021-379550-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-379550-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-379550-title.pdf