Laporkan Masalah

ANALISIS USABILITAS DAN PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA MODUL PEMBELAJARAN 3D PRINTING MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN USER EXPERIENCE QUESTIONARE

FAKHRI DZIKRI A, Dr. Eng. Herianto, S.T.,M.Eng.

2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Augmented reality sudah mulai dikembangkan oleh berbagai pihak untuk membantu proses pembelajaran di kelas. Namun pada praktik di lapangan, penerapan teknologi augmented reality dalam bidang pendidikan masih harus diteliti lebih lanjut terkait penerapan penggunaan pada siswa. Sebuah aplikasi memerlukan kajian mengenai kemudahan penggunaan aplikasi dan bagaimana respon pengguna terhadap aplikasi tersebut. Karena teknologi augmented reality yang relatif baru memerlukan adaptasi hingga pengguna dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik. Penelitian ini membahas bagaimana penggunaan aplikasi augmented reality dalam proses pembelajaran pada siswa yaitu aplikasi Gotri AR pada modul pembelajaran 3D Printing untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Pengujian terhadap aplikasi tersebut dilakukan untuk mengetahui respon pengguna dan tingkat kebergunaan dari aplikasi. Metode yang digunakan dalam pengujian apliakasi yaitu System Usability Scale (SUS) untuk menguji tingkat kemudahan dan kebergunaan aplikasi dan metode User Experience Questionnare (UEQ) untuk menguji tingkat impresi pengalaman pengguna. Pada hasil penelitian, perhitungan skor SUS dari aplikasi Gotri AR mendapat kategori �Acceptence� dan �Good�, dan skor total SUS yaitu 74. Selain itu, pada pengujian tingkat user experience aplikasi ini mendapat penilaian yaitu perhitungan mean lebih dari 0,8 sehingga dapat dikatakan memiliki impresi positif. Penelitian ini menghasilkan gambaran mengenai aplikasi Gotri AR yang diujikan memiliki kategori usabilitas yang baik dan memiliki tingkat pengalaman pengguna yang layak sehingga pengguna mudah dan nyaman menggunakan aplikasi tersebut.

Augmented reality has begun to be developed by various parties to help the learning process in the classroom. However, in practice in the field, the application of technology augmented reality in education still needs to be further studied in relation to the implementation of AR apps to students. An application requires a study of the ease of use of the application and how users respond to the application. Because technology augmented reality the relatively new for student that requires adaptation so that users can make good use of the technology. This study discusses how the use of applications augmented reality in the learning process in students, namely the application of Gotri AR in the learning module 3D Printing for Vocational High School students. Testing of the application is done to determine the user response and the level of usefulness of the application. The method used in application testing is the System Usability Scale (SUS) to test the level of ease and usefulness of the application and the User Experience Questionnaire (UEQ) method to test the level of user experience impression. In the results of the research, the calculation of SUS Score from Gotri AR application got the category of "Acceptance" and "Good", and the total score of SUS is 74. In addition, in testing the user experience level of this application got an assessment that is a calculation of mean more than 0.8 is said to have a positive impression. This study produces an overview of the Gotri AR applications that are tested to have a good usability category and have a decent level of user experience so that users are easy and comfortable using the application.

Kata Kunci : Augmented Reality, Usability, User Experience, Mobile Apps

  1. S1-2021-395926-abstract.pdf  
  2. S1-2021-395926-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-395926-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-395926-title.pdf