Laporkan Masalah

KONSEP PENDIDIKAN KONTEKSTUAL SANGGAR ANAK ALAM YOGYAKARTA MENURUT PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA

NUR MUHLIS PURNAWAN, Dr. Rr. Siti Murtiningsih

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian yang berjudul Konsep Pendidikan Kontekstual Sanggar Anak Alam Yogyakarta menurut Pemikiran Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, dilatarbelakangi oleh permasalahan pendidikan nasional Indonesia yang ada terkait masalah filosofis dan masalah teknis. Ki Hadjar Dewantara merupakan seorang tokoh pendidikan di Indonesia yang memiliki pemikiran tentang konsep pendidikan. Dengan pemikiran konsep pendidikan tersebut, dapat menjadi solusi dari permasalahan pendidikan nasional Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep pendidikan kontekstual di Sanggar Anak Alam Yogyakarta sebagai percontohan penyelenggaran pendidikan yang sesuai dengan hakikatnya. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika filosofis yang meliputi deskripsi, interpretasi, koherensi, holistika, idealisasi, dan refleksi penelitian pribadi. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, hingga penulisan data. Sumber data yang diperoleh disusun secara sistematis dan terstruktur guna mengetahui konsep pendidikan kontekstual Sanggar Anak Alam Yogyakarta dari sudut pandang pemikiran filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian menyatakan bahwa, pertama pendidikan kontekstual adalah pendidikan yang berlandaskan pada peristiwa sehari-hari di lingkungan dan relevan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, penyelenggaraan pendidikan di Sanggar Anak Alam dengan konsep pendidikan kontekstual, yaitu dengan menggunakan metode riset mengenai kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar anak didik. Ketiga, dilihat dari sudut pandang pemikiran Ki Hadjar Dewantara, konsep pendidikan kontekstual Sanggar Anak Alam Yogyakarta terdapat kesesuaian dengan pemikiran pendidikan yang dibawa oleh Ki Hadjar Dewantara.

The research entitled "The Concept of Contextual Education at Sanggar Anak Alam Yogyakarta according to Ki Hadjar Dewantara's Educational Philosophy Thinking", was motivated by the existing problems of Indonesian national education related to philosophical and technical problems. Ki Hadjar Dewantara is an educational figure in Indonesia who has thoughts about the concept of education. With this concept of education in mind, it can be a solution to Indonesia's national education problems. This study aims to analyze the concept of contextual education in Sanggar Anak Alam Yogyakarta as an example of providing education in accordance with its essence. This research uses the philosophical hermeneutic method which includes description, interpretation, coherence, holistic, idealization, and reflection of personal research. This research consists of several stages, starting from data collection, data processing, to data writing. The data sources obtained were arranged systematically and structured in order to know the concept of contextual education at Sanggar Anak Alam Yogyakarta from the point of view of Ki Hadjar Dewantara's educational philosophy. The results of the study state that, first, contextual education is education that is based on everyday events in the environment and is relevant in everyday life. Second, the implementation of education at the Sanggar Anak Alam with the concept of contextual education, namely by using research methods on daily life that exist in the environment around students. Third, from the point of view of Ki Hadjar Dewantara's thought, the concept of contextual education at Sanggar Anak Alam Yogyakarta is in conformity with the educational thought brought by Ki Hadjar Dewantara.

Kata Kunci : Pendidikan Kontekstual, , Sanggar Anak Alam Yogyakarta, Filsafat Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara/Contextual Education, Sanggar Anak Alam Yogyakarta, Philosophy of Education, Ki Hadjar Dewantara

  1. S1-2021-411995-ABSTRACT.pdf  
  2. S1-2021-411995-BIBLIOGRAPHY.pdf  
  3. S1-2021-411995-TABLEOFCONTENT.pdf  
  4. S1-2021-411995-TITLE.pdf