Laporkan Masalah

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROFILE MATCHING

MUHAMMAD MUKHARIR, Retantyo Wardoyo, Drs., M.Sc.,Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Laptop adalah personal computer (PC) desktop yang dimensinya diperkecil untuk meningkatkan fleksibilitas dalam penggunaannya. Akan tetapi, banyaknya produk akan membuat kesulitan oleh konsumen dalam menentukan pilihan laptop yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang ingin membelinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu pembeli yang ingin membeli produk laptop sesuai kebutuhan pembeli dengan membuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Kriteria yang dipertimbangkan pada penelitian ini ada 12 kriteria yaitu harga, prosesor, kapasitas RAM, kapasitas harddisk, kapasitas SSD, kapasitas V-RAM, kapasitas maksimal upgrade RAM, berat laptop, ukuran layar, jenis layar, refresh rate layar, dan resolusi layar. Dalam memilih produk laptop ada nilai kriteria dari produk laptop dan nilai kriteria preferensi dari pembeli sebagai pembuat keputusan. Juga nilai-nilai kriteria pada produk laptop memiliki kontribusi berbeda terhadap nilai keseluruhan produk laptop tersebut. Dengan demikian, metode yang dipakai adalah Analytical Hierarchy Process (AHP), Profile Matching (PM) dengan interpolasi linear, dan Simple Addictive Weighting (SAW) untuk menentukan rekomendasi pilihan. Pada akhir penelitian ini diharapkan SPK yang telah dibuat mampu memberikan rekomendasi alternatif pilihan terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan pembeli dalam proses pemilihan produk laptop. Kata kunci: SPK, Laptop, AHP, Profile Matching, Interpolasi Linear

A laptop is a desktop personal computer (PC) whose dimensions are reduced to increase flexibility in its use. However, the large number of products will make it difficult for consumers to choose a laptop that suits the needs of consumers who want to buy it. The purpose of this research is to help buyers who want to buy laptop products according to their needs by making a Decision Support System (SPK). There are 12 criteria considered in this study, namely price, processor, RAM capacity, hard disk capacity, SSD capacity, V-RAM capacity, maximum RAM upgrade capacity, laptop weight, screen size, screen type, screen refresh rate, and screen resolution. In choosing a laptop product there is a criterion value of a laptop product and a value of preference criteria from the buyer as a decision maker. Also the criteria values on laptop products have different contributions to the overall value of the laptop product. Thus, the methods used are Analytical Hierarchy Process (AHP), Profile Matching (PM) with linear interpolation, and Simple Addictive Weighting (SAW) to determine the recommended options. At the end of this research, it is hoped that the SPK that has been made will be able to provide recommendations for the best alternative choices and best suit the needs of buyers in the laptop product selection process. Keywords: DSS, Laptop, AHP, Profile Matching, Linear Interpolation

Kata Kunci : SPK, Laptop, AHP, Profile Matching, Interpolasi Linear

  1. S1-2021-409442-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409442-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409442-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409442-title.pdf