Laporkan Masalah

KECEMASAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN MINAT BERKUNJUNG GENERASI Z KE MUSEUM SONOBUDOYO YOGYAKARTA (STUDI KEPADA MAHASISWA DIPLOMA III PARIWISATA UGM ANGKATAN 2018)

YABESTO SITORUS, Ghifari Yuristiadhi M.M, S.S., M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATA

Kecemasan di Masa Pandemi Covid-19 begitu memberi dampak yang besar dalam dunia pariwisata Indonesia, termasuk beberapa ruang publik dan tempat wisata termasuk museum. Perbedaan angka kunjungan ke museum sebelum dan sesudah pemberlakuan pandemi Covid-19 Indonesia tampak sangat signifikan, mempengaruhi minat berkunjung wisatawan ke museum, dalam hal ini anak-anak muda atau Generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecemasan di masa pandemi Covid-19 dan minat kunjungan Generasi Z ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta dan juga untuk mengetahui bagaimana strategi pengelola Museum Sonobudoyo Yogyakarta dimasa pandemi Covid-19 dalam menyasar atau menarik minat kunjungan pasar Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi, dimana menggabungkan penggunaan metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pemberian kuesioner dan melakukan wawancara terstruktur. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil jawaban kuesioner yang dibagikan oleh penulis pada seluruh sampel dan wawancara (in-dept Interview), sedangkan data sekunder yang didapatkan diambil dari observasi, dokumentasi, data pengunjung, dan dokumen penunjang penelitian lainnya. Hasil dari kuesioner dan wawancara dapat diambil kesimpulan bahwa kecemasan tidak mempengaruhi minat Generasi Z dalam berkunjung ke museum dan Museum juga tidak memiliki strategi khusus dalam menyambut Generasi Z selama masa pandemi Covid-19.

Anxiety during the Covid-19 Pandemic has had a hugeimpact on the world of Indonesian tourism, including several public spaces andtourist attractions including museums. The difference in the number of visitsto museums before and after the implementation of the Indonesian Covid-19pandemic appears to be very significant, affecting the interest of touristsvisiting museums, in this case, young people or Generation Z. The purpose ofthis study was to determine anxiety during the Covid-19 pandemic and GenerationZ's interest in visiting the Sonobudoyo Museum Yogyakarta and also to find outhow the management strategy of the Yogyakarta Sonobudoyo Museum during theCovid-19 pandemic is targeting or attracting Generation Z market visits. Thisthe study uses a combination research method, which combines the use ofquantitative and qualitative methods with analytical techniques. descriptivedata. The data collection technique used is through the provision ofquestionnaires and conducting structured interviews. The primary data used inthis study were the results of the answers to the questionnaire distributed bythe author to all samples and interviews (in-depth interviews), while thesecondary data obtained were taken from observations, documentation, visitordata, and other research supporting documents. The results of thequestionnaires and interviews can be concluded that anxiety does not affect thethe interest of Generation Z in visiting museums and museums also do not have a special strategyin welcoming Generation Z during the Covid-19 pandemic.

Kata Kunci : Kecemasan, Pandemi Covid-19, Minat Berkunjung, Generasi Z, Museum Sonobudoyo Yogyakarta

  1. D3-2021-431796-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431796-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431796-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431796-title.pdf