Laporkan Masalah

Penyesuaian Akademik sebagai Mediator Hubungan Efikasi Diri Akademik terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa Baru di Era Pandemi

ANIS MUATSIROH, Dr. Arum Febriani, S.Psi., M.A.

2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Pembelajaran di era pandemi merupakan situasi baru bagi semua pembelajar, termasuk mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penyesuaian akademik sebagai mediator antara efikasi diri akademik dengan kesejahteraan subjektif mahasiswa baru di era pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pendekatan survei. Subjek penelitian melibatkan 202 mahasiswa baru dari berbagai Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta dengan rata-rata usia 18,9 tahun dengan standar deviasi 1,23. Pengumpulan data menggunakan tiga skala, yaitu skala kesejahteraan subjektif, skala efikasi diri akademik, dan skala penyesuaian akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri akademik berperan terhadap kesejahteraan subjektif pada mahasiswa baru melalui perantara penyesuaian akademik. Individu dengan efikasi diri akademik tinggi akan cenderung mudah dalam menyesuaikan dengan berbagai situasi perkuliahan online sehingga berdampak pada tingginya kesejahteraan subjektif.

Learning process in the pandemic era has created a new situation for all learners, including new students in higher education; therefore, they need to adjust to the condition. This study aimed to find out the role of academic-adjustment as the mediator between academic self-efficacy and subjective well-being of the new undergraduate students in the pandemic era. This study applied a quantitative method with a survey approach. The subject for this study involved 202 new students from various universities, both public and private universities, with an average age of 18 years. There were three scales used for the data collection, namely: subjective well-being scale, academic self-efficacy scale, and academic-adjustment scale. The result showed that academic-adjustment mediated the association between academic self-efficacy and subjective well-being of the new undergraduate students. The students with higher academic self-efficacy tend to adapt easily to the different situations, thus also resulted in their higher level of subjective well-being.

Kata Kunci : efikasi diri akademik, kesejahteraan subjektif, penyesuaian akademik/academic self-efficacy, subjective well-being, academic-adjustment

  1. S2-2021-418825-abstract.pdf  
  2. S2-2021-418825-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-418825-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-418825-title.pdf