Laporkan Masalah

Penerapan Parental Mediation Ibu Anak usia dini ditinjau dari Pola Komunikasi dan Literasi Digital Ibu

PRAMUDITA TRIASWARI, Dr. Maria Goretti A., M.S., Psikolog

2021 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Di masa pandemi covid-19 sekarang ini, gadget adalah elemen penting terutama sejak diberlakukan sistem pembelajaran online bagi para siswa. Hal ini bisa memicu kerentanan penggunaan gadget yang berlebihan pada anak, terutama tanpa adanya pengawasan orang tua. Peran orang tua adalah hal yang paling penting dalam mencegah dampak negatif dari penggunaan gadget berlebihan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik terkait penerapan parental mediation oleh ibu anak usia dini yang ditinjau pola berkomunikasi dalam keluarga dan literasi digital dari sudut pandang ibu. Partisipan penelitian berjumlah 120 orang Ibu yang memiliki anak usia dini (4-6 tahun) dan telah memberikan akses penggunaan gadget pada anak. Teknik pemilihan partisipan menggunakan purposive sampling, dimana proses pengambilan data dilakukan secara daring melalui angket di google form. Hipotesis dalam penelitian adalah (1) Terdapat hubungan linear antara literasi digital ibu dan parental mediation, dan (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara pola komunikasi keluarga terhadap kecenderungan penerapan strategi parental mediation. Keluarga yang berorientasi pada pola komunikasi percakapan memiliki kecenderungan penerapan parental mediation yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan keluarga yang berorientasi pada konformitas, dengan mengontrol tingkat literasi digital ibu. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis ANCOVA (Analysis of Covariance). Penelitian ini menemukan hasil bahwa (1) Terdapat hubungan linear antara literasi digital ibu dan parental mediation, dan (2) Terdapat perbedaan pola komunikasi keluarga terhadap kecenderungan penerapan parental mediation. Keluarga yang menerapkan pola komunikasi percakapan terbuka terlihat memiliki kecenderungan penerapan parental mediation yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan keluarga dengan pola komunikasi konformitas. Hal ini akan dibahas lebih lanjut di bagian diskusi.

In this covid-19 pandemic era, gadget is an important thing since there is a tranformation in childrens education into online class. This phenomenon can leads to excessive use of gadget in children, especially for them without parents supervision. Parents role is the most important thing to prevent negative effect from childrens excessive use of gadget. This research aim at empirically examining the parental mediation practice of young childs mom from communication pattern and mothers digital literacy point of view. Participants in this research are 120 mothers with younger children (4-6 years old) and gives gadget access to their child. Participants are being chosen with purposive sampling technique, while this research is held online via google form. Instruments used in this research are parental mediation scale, parental digital literacy scale, and family communication pattern scale. Hypothesis of this research are (1) There is a linear relationship between mothers digital literacy and parental mediation, and and (2) There is significant differences between family communication pattern on tendency parental mediation practice. Family with conversation orientation is tend to have higher parental mediation practice than the conformity one, with controlling mothers digital literacy. Research data is analyzed with ANCOVA (Analysis of Covariance). Results of this study are (1) There is a linear relationship between mother digital literacy and parental mediation, and (2) There is significant differences between family communication pattern on parental mediation practice. Family who adapt conversation orientation in their communication pattern shows higher tendency of parental mediation practice compared with conformity orientation, controlling mothers digital literacy. It will be discussed further in chapter discussion.

Kata Kunci : Parental Mediation, Pola Komunikasi Keluarga, Literasi Digital Orang Tua.

  1. S2-2021-418890-abstract.pdf  
  2. S2-2021-418890-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-418890-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-418890-title.pdf