Laporkan Masalah

Fungsi Audit Internal dalam Penilaian Kecukupan Manajemen Risiko di Masa Pandemi Covid-19 di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah

FARRA AMALIA, Dewi Fatmawati, S.E., M.Ec.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kasus yang terjadi di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman terkait fungsi dan peran audit internal dalam menilai kecukupan manajemen risiko di masa pandemi Covid-19. Penulis menggunakan model pertahanan Three Lines of Defense (TLoD) yang dikeluarkan oleh The Institute of Internal Auditors (The IIA) sebagai acuan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang menjadi dasar penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan inspeksi dokumen pendukung. Data yang telah diperoleh kemudian dibandingkan dengan model pertahanan TLoD dan dianalisis lebih lanjut untuk melihat kecukupan fungsi dan peran audit internal, khususnya terkait manajemen risiko yang diterapkan di masa pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi dan peran audit internal di PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah serupa dengan sebelum masa pandemi, namun perannya sebagai konsultan internal dan pengawas lebih intens.

This research was conducted based on a case that occurred at PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah with the aim of obtaining an understanding of the function and role of internal audit in assessing the adequacy of risk management during the Covid-19 pandemic. The author uses the Three Lines of Defense (TLoD) model issued by The Institute of Internal Auditors (The IIA) as a reference for this study. The research method used in this research is qualitative with a case study approach. The data was collected through interviews and inspection of supporting documents. The obtained data then compared with the TLoD defense model and further analyzed to see the adequacy of the function and role of internal audit, particularly related to risk management implemented during a pandemic. The results of this study indicate that the functions and roles of internal audit at PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah are similar to those before the pandemic era, but their roles as internal consultants and supervisors are more intense.

Kata Kunci : audit internal, manajemen risiko, pandemi, Bank Pembangunan Daerah

  1. S1-2021-408695-abstract.pdf  
  2. S1-2021-408695-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-408695-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-408695-title.pdf