Laporkan Masalah

Penggunaan Media Komunikasi dan Keterlibatan Alumni: Survei pada Alumni Universitas Gadjah Mada

M FARHAN ANWAR, Rahayu, S.I.P, M.Si., M.A.

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Keterlibatan alumni adalah partisipasi alumni dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan almamater setelah ia lulus, seperti partisipasi dalam kegiatan sukarela, pemberian donasi kepada almamater, dan lain-lain. Salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan keterlibatan alumni adalah komunikasi, yang dapat difasilitasi oleh berbagai media baik offline maupun online. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan keterkaitan antara penggunaan media oleh para alumni UGM untuk berinteraksi dengan UGM dan/atau sesama alumni UGM dengan keterlibatan alumni UGM dalam bentuk partisipasi pada kegiatan sukarela yang berkaitan dengan UGM dan pemberian donasi kepada UGM. Teori yang digunakan adalah teori kekuatan hubungan dan multipleksitas media. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 600 orang alumni UGM. Metode sampling yang digunakan adalah quota sampling. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik hierarchical linear regression. Analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kebanyakan alumni menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan UGM maupun sesama alumni UGM. Selain itu, frekuensi komunikasi antara alumni dengan UGM dan/atau sesama alumni UGM merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan sikap positif alumni terhadap keterlibatan alumni dan meningkatkan jumlah keterlibatan alumni berupa jumlah kegiatan yang diikuti dan jumlah donasi yang diberikan kepada UGM. Kata kunci : Frekuensi Komunikasi, Keterlibatan Alumni.

Alumni engagement is the participation of alumni on several activities related to their alma mater after they graduated. Few examples of alumni engagement includes participation on volunteer activities related to alma mater and donation to their alma mater. Frequency of communication between alumni and alma mater and/or other alumni is one of the most important factor in increasing the amount of alumni engagement, and this can be facilitated by using offline and online media. The purpose of this research is to explore the correlation between media usage by UGM alumni, either to interact with UGM or other UGM alumni and alumni engagement such as participation in volunteer activities related to UGM and donation to UGM. The theories used in this research are strength of ties and media multiplexity. This research utilizes 600 sample from UGM alumni. The sampling method used is quota sampling. Then data is analyzed using hierarchical linear regression technique. Analysis shows that majority of UGM alumni uses Facebook to interact with UGM and/or other UGM alumni. Furthermore, this research finds that frequency of communication between alumni and UGM and/or other UGM alumni is one of the most important factor in increasing their positive attitude for alumni engagement, the number of participation in activities related to UGM, and their donation amount. Keywords : Frequency of Communication, Alumni Engagement.

Kata Kunci : Frekuensi Komunikasi, Keterlibatan Alumni.

  1. S1_2021_399335-abstract.pdf  
  2. S1_2021_399335-bibliography.pdf  
  3. S1_2021_399335-title.pdf  
  4. S1_2021_399335_tableofcontent.pdf