Analisis Solusi Rantai Pasok Digital untuk Toko Kelontong
ANDRIANTO MAGFI NUGROHO, Dr. Eng. M. Arif Wibisono ST. MT.
2021 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRIToko Kelontong masih memimpin industri retail FMCG di Indonesia yakni sebesar 38% dari total perputaran transaksi di industri tersebut. Data tersebut menunjukkan bahwa Toko Kelontong masih sangat relevan dan penting kita amati dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah rantai pasok khususnya dalam ranah solusi digital dengan metode pengembangan produk ramping. Penelitian ini berfokus pada masalah-masalah yang dihadapi Toko Kelontong khususnya terkait distribusi barang dan informasi. Penelitian diawali dengan pengumpulan data awal permasalah yang dihadapi Toko-toko Kelontong yang berada di Kabupaten Sleman, DIY. Dari data permasalahan tersebut diambil masalah-masalah yang memiliki prioritas paling tinggi dari sisi Toko Kelontong dan kemampuan penulis dalam menganalisis masalah tersebut. Dari masalah yang didapati, penulis menganalisis solusi yang sekiranya dapat menyelesaikan masalah tersebut dalam bentuk MVP (Minimum Viable Product) atau biasa disebut prototipe, yang selanjutnya akan divalidasi apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan masalah Toko Kelontong dan diverifikasi kesesuaian antara MVP dengan masalah awal yang ingin diselesaikan. Didapatkan konsep MVP aplikasi android dimana aplikasi tersebut memiliki fitur pemesanan barang secara real-time untuk mencari distributor terdekat Toko Kelontong, status pemesanan, return barang, serta manajemen pemesanan untuk kurir. Didapatkan MVP tersebut tervalidasi dan terverifikasi dapat menyelesaikan masalah distribusi barang dan informasi Toko Kelontong dan dapat dilanjutkan oleh peneliti lain untuk menganalisis masalah dan solusi yang lebih detail. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam ilmu kewirausahaan, rantai pasok, serta pengembangan produk digital.
Grocery stores are still leading the FMCG retail industry in Indonesia, accounting for 38% of the total transaction turnover in the industry. This data shows that the Grocery Store is still very relevant and it is important for us to observe in order to solve supply chain problems, especially in the realm of digital solutions with lean product development methods. This research focuses on the problems faced by the grocery store, especially related to the distribution of goods and information. The research begins with the initial data collection of problems faced by grocery stores in Sleman Regency, DIY. From the problem data, the problems that have the highest priority are taken from the side of the grocery store and the ability of the author to analyze these problems. From the problems found, the authors analyze a solution that can solve the problem in the form of an MVP (Minimum Viable Product) or commonly called a prototype, which will then be validated whether the solution can solve the Grocery Store problem and verify the suitability of the MVP with the initial problem to be solved. . The MVP concept of the android application is obtained where the application has a real-time ordering feature to find the closest distributor to the Grocery Store, order status, return goods, and order management for couriers. Obtained the MVP is validated and verified can solve the problem of distribution of goods and information on the Grocery Store and can be continued by other researchers to analyze problems and solutions in more detail. It is hoped that the results of this research can be useful in entrepreneurship, supply chain, and digital product development.
Kata Kunci : Traditional Grocery Store, Supply Chain, Product Development, Entrepreneurship, Digital, Lean Methodology