Laporkan Masalah

PENGARUH JOB CRAFTING PADA KREATIVITAS DENGAN KETERIKATAN KERJA DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI PEMEDIASI: STUDI PADA GENERASI MILENIAL

ANASTASIA KRISTIANA, Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D.

2021 | Tesis | MAGISTER SAINS MANAJEMEN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh job crafting pada kreativitas berdasarkan konteks generasi milenial. Penelitian ini juga menyelidiki peran pemediasi dari keterikatan kerja dan pemberdayaan psikologis. Penelitian yang dilakukan berdasarkan pendekatan kuantitatif. Data survei dikumpulkan dari responden dengan jumlah sebanyak 121 orang yang berasal dari generasi milenial yang bekerja pada perusahaan start-up di Yogyakarta dan Jakarta. Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan alat analisis WarpPLS versi 7.0 digunakan untuk melakukan proses olah data. Hasil studi menemukan bahwa job crafting memengaruhi kreativitas karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui keterikatan kerja dan pemberdayaan psikologis. Secara khusus, keterikatan kerja dan pemberdayaan psikologis mampu memediasi secara parsial pengaruh job crafting pada kreativitas dari generasi milenial. Penelitian ini memiliki kontribusi baik teoritis maupun praktis yang berguna serta memberikan beberapa saran untuk penelitian lebih lanjut.

Purpose of this study was to investigate the effect of job crafting on creativity based on the context from the millennial generation. This study also investigates the mediating role of work engagement and psychological empowerment. Research conducted based on a quantitative approach. Data was collected based on surveys from 121 respondents from the millennial generation who work for start-up companies in Yogyakarta and Jakarta. Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) with the WarpPLS version 7.0 as an analysis tool was used to process the data. Research findings found that job crafting had an effect on employee creativity both directly and indirectly through work engagement and psychological empowerment. Specifically, work engagement and psychological empowerment were able to partially mediate the effect of job crafting on employee creativity from the millennial generation. This research has theoretical and practical contributions and provides some suggestions for further research.

Kata Kunci : job crafting, keterikatan kerja, pemberdayaan psikologis, kreativitas, generasi milenial.

  1. S2-2021-432899-abstract.pdf  
  2. S2-2021-432899-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-432899-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-432899-title.pdf