Strategi Marketing Politik Pasangan Haryadi Suyuti - Heroe Poerwadi Dalam Memperoleh Kemenangan Pilkada Kota Yogyakarta 2017
SATRIO WIBOWO K, Azifah Retno Astrina, M.Ps
2021 | Skripsi | S1 POLITIK DAN PEMERINTAHANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing politik yang dilakukan oleh pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi dalam memperoleh kemenangan di Pilkada Kota Yogyakarta 2017 ditinjau dalam kerangka studi marketing politik. Penulisan memiliki fokus kepada tahapan strategi dari proses identifikasi lingkungan dan masyarakat serta pembentukan langkah yang akhirnya dilakukan untuk mendapatkan dukungan masyarakat dan memenangkan pemilihan. Penelitian ini mencoba menggambarkan sebab dan akibat dari langkah-langkah marketing politik yang dilakukan pasangan Haryadi-Heroe beserta tim. Pentingnya peran marketing politik dalam kemenangan pasangan Haryadi-Heroe juga ikut diperhatikan melalui seluruh dinamika pada marketing politik yang dijalankannya. Analisa dalam penelitian ini menggunakan teori Marketing Politik Model Adman Nursal, karena pada proses marketing atau kampaye politik yang dilakukan, teori Adman Nursal dapat mencakup keseluruhan dari proses strategi marketing politik secara lengkap dari awal perencanaan hingga proses penyampaiannya ke calon pemilih. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk menjelaskan dalam bentuk narasi tentang bagaimana proses strategi marketing politik yang dilakukan pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi dalam mencari dukungan masyarakat di Kota Yogyakarta pada khususnya dalam Pilkada Kota Yogyakarta 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa marketing politik yang dilakukan pasangan Haryadi-Heroe dapat menjadi penentu dalam kemenangan yang mereka peroleh. Penggunaan marketing politik yang baik, mulai dari identifikasi lingkungan, segmentasi, targeting, positioning, dan penyampaian ke masyarakat telah dilakukan oleh pasangan Haryadi-Heroe. Terdapat beberapa langkah strategis dalam marketing politiknya yang akhirnya dapat membalikkan keadaan. Meskipun terdapat beberapa hambatan dalam penyampaian marketing politiknya, pasangan Haryadi-Heroe dapat memanfaatkan peluang yang terbuka dan menggunakannya untuk memperoleh kemenangan.
This study aims to find out how the political marketing strategies carried out by the pair Haryadi Suyuti and Heroe Poerwadi in winning the 2017 Yogyakarta City Election are reviewed within political marketing studies framework. The writing focuses on the strategic stages of the environmental and community identification process and the formation of steps that are ultimately taken to gain community support and winning the election. This research tries to describe the cause and effect of the political marketing steps taken by Haryadi-Heroe couple and their team. The importance on the role of political marketing in the victory of the Haryadi-Heroe pair was also taken into account through all the dynamics in political marketing that they carried out. The analysis in this study use the Adman Nursal Model of Political Marketing theory, because in the marketing process or political campaign that is carried out, the Adman Nursal theory can cover the whole process of political marketing strategy from the start of planning until the delivery process to potential voters. This is a descriptive qualitative research to explain in the form of a narrative about how the political marketing strategy process carried out by the pair Haryadi Suyuti and Heroe Poerwadi in seeking public support in the city of Yogyakarta, especially in the 2017 Yogyakarta's Regional Election. The results of this study indicate that the political marketing carried out by the Haryadi-Heroe pair can be a determinant in the victory they get. The use of good political marketing, starting from environmental identification, segmentation, targeting, positioning, and delivery to the public has been carried out by the Haryadi-Heroe pair. There are several strategic steps in his political marketing that managed to turn things around. Even though there were several obstacles in the delivery of their political marketing, Haryadi-Heroe pair were able to take advantage of the open opportunities and use them to obtain victory.
Kata Kunci : Marketing Politik, Strategi, Adman Nursal, Kemenangan, Pilkada.