Laporkan Masalah

Proses Inovasi dalam Surat Pemberitahuan Pajak Daerah Online (e-SPTPD) Kota Yogyakarta

ARGO PAMUNGKAS, Dr. Subando Agus Margono, M.Si.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini membahas proses inovasi pada salah satu pelayanan publik di bidang pajakyaitue-(SPTPD). Proses inovasi dianalisis menggunakan model dengan tiga tahapan yaitu tahapinvensi, implementasi, dan difusi. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat inovasi di setiap tahapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berbagai faktor pendukung dan penghambat pun juga muncul sebagai bagian dari proses inovasi. Faktor pendukung inovasi terdiri dari ketersediaan data, keterbukaan komunikasi, kewenangan organisasi, peran pimpinan, dukungan pegawai senior, komitmen manajerial, persepsi manfaat internal dan eksternal. Faktor penghambat inovasi terdiri dari tidak ada reward bagi pegawai, keterbatasan dan kontribusi SDM, kompetensi pegawai dan komitmen dari pihak lain (instansi atau lembaga).

This study discusses the process of innovation in one of the public services in the tax sector, namely e-(SPTPD).The innovation process is analyzed using a model with three stages, namely the invention, implementation, and diffusion stages. This study also identifies the factors supporting and inhibiting innovation at each stage. The method used in this research is qualitative with a case study approach. Various supporting and inhibiting factors also emerge as part of the innovation process. The supporting factors for innovation consist of data availability, open communication, organizational authority, leadership roles, support from senior employees, managerial commitment, perceived internal and external benefits. The factors inhibiting innovation consist of rewards for employees, limitations and contributions of human resources, employee competence and commitment from other parties (agencies or institutions).

Kata Kunci : Inovasi, Proses Inovasi, Pelayanan Publik, e-SPTPD

  1. S1-2021-353669-abstract.pdf  
  2. S1-2021-353669-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-353669-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-353669-title.pdf