Laporkan Masalah

TINJAUAN PRINSIP ETIKA BISNIS TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN KIWAE YOGYAKARTA

MOHD. GANISWARA AFIF KHARISMA, Prof. Dr. Lasiyo, M.A.,M.M.

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini berjudul Tinjauan Prinsip Etika Bisnis Terhadap Strategi Pemasaran Pada Warung Makan Kiwae Yogyakarta�, penelitian ini memilih strategi pemasaran pada warung Kiwae sebagai objek material dan Etika Bisnis sebagai objek formal. Kiwae merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang didirikan oleh Latifriyansyah & Dayin, Dalam menjalankan bisnisnya Kiwae sangat memperhatikan marketing sebagai salah satu faktor penting dalam perkembangan bisnisnya, dalam menjalankan strategi marketing, Kiwae berfokus pada 3 hal, yakni: Enggagement, Research dan Close Deal, yang di aplikasikan dalam bentuk iklan foto, video dan publikasi, baik di media sosial maupun media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk menganailisa strategi marketing Kiwae ditinjau dari prinsip Etika Bisnis. Peneliatian ini merupakan penelitian kualitatif yang berangkat dari masalah aktual mengenai iklan, terutama di media sosial yang rentan terhadap pelanggaran etis. Penelitian dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Tahapan dalam penelitian, yaitu observasi, wawancara, inventarisasi data, klasifikasi data, analisis sintesis, dan evaluasi kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kiwae memahami bahwa marketing yang baik haruslah didasarkan pada dua hal yakni: memperhatikan kaidah etis dan sesuai dengan fungsi marketing itu sendiri. Sebagai salah satu pelaku bisnis, Kiwae telah berusaha untuk menjalankan prinsip etika bisnis yang baik dalam penerapannya pada strategi marketing yang mereka jalankan. strategi marketing yang dilakukan Kiwae dilakukan dengan dasar dan pemahaman yang sesuai dengan penerapan prinsip etika bisnis. Yakni otonomi dengan pemahaman atas konsep marketing yang baik serta bertanggung jawab. Lalu, kejujuran dengan memperhatikan kualitas produk serta hal-hal yang berkaitan dengan visual serta informasi dalam marketing. Selanjutnya keadilan yang ditunjukan dengan pengurusan izin kerja sama dan legalitas, serta perlakuan pada hak konsumen. Kemudian dalam bekerja sama dan melakukan marketing kiwae berusaha untuk menjaga nilai-nilai yang menguntungkan pihak-pihak yang terlibat di dalamnnya. Terakhir kiwae juga berusaha untuk menjaga komunikasi terhadap konsumen serta menjalankan kegiatan marketing yang selaras dengan proses kegiatan bisnis yang baik.

This research is entitled Review of Business Ethics Principles of Marketing Strategy at Warung Kiwae Yogyakarta ", this research chooses a marketing strategy at Kiwae stalls as a material object and Business Ethics as a formal object. Kiwae is a company engaged in the culinary field founded by Latifriyansyah & Dayin. In running its business, Kiwae pays close attention to marketing as an important factor in the development of its business. In carrying out marketing strategies, Kiwae focuses on 3 things, namely: Enggagement, Research and Close Deal , which is applied in the form of photo, video and publication advertisements, both on social media and printed media. This study aims to analyze Kiwae's marketing strategy in terms of Business Ethics principles. This research is a qualitative research which departs from the actual problem regarding advertising, especially on social media which is prone to ethical violations. The research was conducted through literature study and interviews. The stages in the research were observation, interview, data inventory, data classification, synthesis analysis, and critical evaluation. The results of this study indicate that Kiwae understands that good marketing must be based on two things, namely: paying attention to ethical principles and in accordance with the marketing function itself. As a business actor, Kiwae has tried to carry out the principles of good business ethics in their application to their marketing strategies. Kiwae's marketing strategy is carried out on the basis and understanding in accordance with the application of business ethics principles. Namely autonomy with an understanding of the concept of good and responsible marketing. Then, honesty by paying attention to product quality as well as things related to visuals and information in marketing. Furthermore, justice is shown by arranging cooperation permits and legality, as well as treatment of consumer rights. Then in working together and doing marketing kiwae strives to maintain values that are beneficial to the parties involved in it. Finally, Kiwae also strives to maintain communication with consumers and carry out marketing activities that are in line with good business process processes.

Kata Kunci : Strategi pemasaran, Etika Bisnis, iklan

  1. S1-2021-382254-abstract.pdf  
  2. S1-2021-382254-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-382254-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-382254-title.pdf