Laporkan Masalah

Implementasi dan Pengujian Sistem Point of Sales ALISA pada Bohemian Cafe Malang

SANDY GUSTI SETYAJI, Sony Warsono, MAFIS., Ak., CA., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

ALISA merupakan sistem yang dikembangkan oleh lulusan dari Universitas Gadjah Mada. Sistem ini menawarkan 3 jasa, diantaranya sistem user management, TIAS (Accounting system), dan POS. ALISA dibuat dengan tujuan untuk membantu UMKM dalam kegiatan pelaporan dan operasinya. Sistem POS memiliki peran yang cukup vital. Peran sistem POS untuk pemakainya adalah sebagai pencatat transaksi. dengan memakai sistem ini, pencatatan terhadap transaksi akan lebih cepat dan output yang dihasilkan juga singkat, padat, dan jelas sehingga pemindahan data untuk pelaporan akan lebih mudah. UMKM dengan modal yang sedikit membutuhkan sistem yang seperti ini sehingga operasional mereka akan lebih efektif dan efisien serta pelaporan UMKM akan lebih rapi dari yang sebelumnya. Sistem POS masih berupa prototipe sehingga perlu dilakukan pengujian. Uji coba perlu dilakukan di lapangan sehingga feedback dari pengujian merepresentasikan kebutuhan calon pengguna. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif pada Bohemian Cafe Malang yang merupakan UMKM, target pengguna dari sistem. Penelitian akan dilakukan dengan observasi terhadap kinerja sistem dan sikap calon pengguna terhadap sistem. Selain itu, Wawancara juga akan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar sistem akan diterima oleh calon pengguna dan jenis sistem yang akan diterima oleh calon pengguna. Dari observasi dan wawancara tersebut dapat dianalisis penerimaan dari calon pengguna. Penerimaan tersebut harus memenuhi kriteria kebergunaan bagi pengguna dan kemudahan dalam penggunaan. Kedua kriteria ini akan mempengaruhi sikap dari calon pengguna yang kemudian akan mempengaruhi intensi dari pengguna untuk menggunakan sistem.

ALISA is a system developed by Universitas Gadjah Mada graduates. This system offers three sevices, including user management system, TIAS (Accounting System), and POS. ALISA was made with the purpose to help UMKM in their reporting and operation process. POS system has a vital role, by using this system, the recording of transactions will be faster and the output will be shorter and clearer, so that data transfer for the report will be easier. UMKM with the small capital need this kind of system so that their operation will be more effective and efficient, also the report will be tidier than bedore. The POS system is still a prototype, so further testing is necessary. The testing must be carried out in the field to make sure the feedback can representing what user needs. This research used a qualitative method with a descriptive approach. The research location is located at Bohemian Cafe Malang, which is an UMKM and the target user for thw system. The research will be conducted by observing the system performance and the attitude of users towards the system. In addition, interviews will also be conducted to find out how great the system will be accepted and the type of system that will be accepted by the user. From these observations and interviews, user acceptance of the system can be analyzed. Before the system can be accepted, there are two criteria that must be fulfilled, those are the usability and the ease of use for the user. These two criteria will affect the attitude of the user which will affect the user's intention in using the system.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Sistem Point of Sales, Implementasi Sistem, Pengujian Sistem, Usaha Kecil Mikro Menegah, Penerimaan Pengguna

  1. S1-2021-397071-abstract.pdf  
  2. S1-2021-397071-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-397071-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-397071-title.pdf