Laporkan Masalah

Pengaruh Love of Money, Religiositas, dan Machiavellian terhadap Persepsi Etis dalam Manajemen Laba

SANTINI DEWI PUTRI, Zuni Barokah, S.E., M.Comm., Ph.D., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh love of money, religiositas, dan machiavellian terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dalam manajemen laba. Lantaran, manajemen laba masih dipandang dengan beragam persepsi hingga saat ini dan mau tidak mau menimbulkan dilema etis. Penelitian ini menerangkan dan memprediksi fenomena persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan pendekatan kuantitatif yang mengimplementasikan cross sectional research. Sehingga, data yang dikumpulkan adalah data primer dengan menjalankan teknik survei melalui pembagian kuesioner kepada mahasiswa program sarjana (S1) Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) angkatan 2015-2017. Hasil survei menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan arah hubungan negatif dari love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dalam manajemen laba. Semakin tinggi tingkat kecintaan uang seseorang, maka individu tersebut akan mempunyai persepsi etis yang rendah dan menganggap praktik manajemen laba sebagai perilaku yang etis. Sebaliknya, religiositas dan machiavellian tidak berpengaruh terhadap persepsi etis dalam manajemen laba.

The purpose of this study is to examine and analyze the effect of love of money, religiosity, and machiavellian on the ethical perceptions of accounting students in earnings management. Earnings management is still perceived with various perceptions today and inevitably creates ethical dilemmas. This research explains and predicts the phenomenon of ethical perceptions of accounting students with a quantitative approach that implemented cross sectional research. Therefore, the data collected was primary data by carrying out survey techniques through distributing questionnaires to undergraduate (S1) students of the Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, Gadjah Mada University (FEB UGM) batch 2015-2017. The survey results showed a significant effect with negative relationship of love of money on the ethical perceptions of accounting students in earnings management. The higher the level of someone's love for money, the individual will have a lower ethical perception and consider earnings management practices as ethical behavior. On the other hand, religiosity and machiavellian have no effect on ethical perceptions in earnings management.

Kata Kunci : Persepsi etis, Manajemen laba, Love of money, Religiositas, Sikap machiavellian

  1. S1-2020-381982-abstract.pdf  
  2. S1-2020-381982-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-381982-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-381982-title.pdf