FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPATUHAN TERHADAP IMPLEMENTASI PMK 199 TAHUN 2019 (Studi Kasus pada Mitra Penjual 'Shopee' di Kawasan Perdagangan Bebas)
ROSARI INDAH C, Aldiena Bunga Fadhila, S.E., M.Sc.
2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSIPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan terhadap PMK Nomor 199 Tahun 2019 dengan mengadopsi variabel-variabel dari Theory of Planned Behavior (TPB) yaitu sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dipersepsikan, niat, dan perilaku kepatuhan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan 102 kuesioner secara online kepada mitra penjual di platform e-commerce 'Shopee'. Penelitian ini menggunakan SEM PLS untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap untuk patuh dan norma subyektif tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak sedangkan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh positif terhadap niat untuk patuh pada pajak dan kepatuhan wajib pajak. Begitu juga niat untuk patuh pada pajak yang berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak.
This research is conducted to analyze factors that influence compliance to PMK 199 of 2019 by adopting variables from Theory of Planned Behavior (TPB), namely attitude, subjective norms, perceived behavior control, intention, and behavior. The data is collected through survey method by distributing 102 questionnaires online to the 'Shopee' sellers via chat feature. The analysis is conducted by using SEM PLS to examine hypotheses. The results of this study indicate that the attitude to comply and subjective norms did not affect on taxpayer compliance while perceived behavioral control has a positive effect on the intention to tax compliance and taxpayer compliance. Likewise, the intention to tax compliance has a positive effect on taxpayer compliance.
Kata Kunci : PMK Nomor 199 Tahun 2019, Theory of Planned Behavior, kepatuhan wajib pajak, mitra penjual, 'Shopee'