Laporkan Masalah

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERBEDAAN KECENDERUNGAN JUMLAH KLIEN ORANG PRIBADI DAN BADAN PENGGUNA JASA KONSULTAN PAJAK (Studi Kasus pada Konsultan Pajak ABC di Yogyakarta)

SESILIA REFI S, Irwan Taufiq Ritonga, M.Bus., Ph.D., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan tren jumlah klien Wajib Pajak orang pribadi dan Wajib Pajak badan pengguna jasa konsultan pajak pada Konsultan Pajak ABC di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi literatur. Responden dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam penggunaan jasa konsultan pajak. Pihak-pihak tersebut adalah pihak yang menggunakan jasa konsultan pajak, yaitu klien Wajib Pajak orang pribadi dan klien Wajib Pajak badan, serta pihak yang memberikan jasa perpajakan, yaitu konsultan pajak. Proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan model interaktif melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan tren jumlah klien Wajib Pajak orang pribadi dan Wajib Pajak badan pengguna jasa konsultan pajak pada Konsultan Pajak ABC di Yogyakarta meliputi faktor internal yang berasal dari dalam diri Wajib Pajak dan faktor eksternal yang berasal dari luar diri Wajib Pajak.

This research aims to analyze factors that cause differences in the trend of the number of individual taxpayer clients and corporate taxpayer clients who use tax consulting services at Konsultan Pajak ABC in Yogyakarta. This research is a qualitative research with primary and secondary data obtained through interviews and literature studies. Respondents in this research are those who involved in using tax consulting services. These are those who use tax consultant services, namely individual and corporate taxpayers, also who provide tax services, namely tax consultant. The data analysis process in this research was carried out by an interactive model through three steps, namely data reduction, data display, and conclution drawing or verification. The result of this research indicate that the factors causing the diferrences in the trend of the number of individual taxpayer clients and corporate taxpayer clients at Konsultan Pajak ABC in Yogyakarta include internal factors that come from within the taxpayers and external factors that come from outside the taxpayers.

Kata Kunci : klien, Wajib Pajak orang pribadi, Wajib Pajak badan, konsultan pajak, faktor penyebab perbedaan tren jumlah klien

  1. S1-2020-397073-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397073-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397073-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397073-title.pdf