Laporkan Masalah

Analisis Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Perbankan Islam di ASEAN dan GCC Tahun 2016-2019 dalam Kaitannya dengan Agenda Sustainable Development Goals (SDGs)

RATIH PUTRI S, Mahfud Sholihin, Prof., M.Acc., Ph.D.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perbankan Islam di wilayah ASEAN dan GCC dalam mendukung Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals melalui pelaksanaan aktivitas tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perbankan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis isi yang melibatkan 156 laporan tahunan dan 28 laporan keberlanjutan dari perbankan Islam di negara-negara kawasan ASEAN dan GCC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran perbankan Islam lebih berfokus pada tujuan SDGs yang memiliki hubungan dengan tujuan pembangunan sosial, yaitu SDGs No. 1 Tanpa Kemiskinan, SDGs No. 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, dan SDGs No. 4 Pendidikan Berkualitas. Penelitian ini juga mengemukakan bahwa tingkat pengungkapan CSR yang memiliki keterkaitan dengan tujuan dalam Agenda SDGs pada perbankan Islam di wilayah ASEAN lebih tinggi dibandingkan pada wilayah GCC.

This study aims to determine the role of Islamic banking in the ASEAN and GCC regions in supporting the Sustainable Development Goals through the implementation of corporate social responsibility activities carried out by banks. The research was conducted using content analysis method involving 156 annual reports and 28 sustainable reports from Islamic banks in ASEAN and GCC regions. The result show that the role of Islamic banking in corporate social responsibility focuses more on the Sustainable Development Goals that have targets in social development goals, namely goal no. 1 No Poverty, goals no. 3 Good Health and Well-being, and goal no. 4 Quality Education. This study also suggests that the level of corporate social responsibility disclosure which is related to the Sustainable Development Goals for Islamic bank in the ASEAN region is higher than in the GCC region

Kata Kunci : SDGs, pembangunan berkelanjutan, tanggung jawab sosial perusahan, perbankan Islam

  1. S1-2020-395617-abstract.pdf  
  2. S1-2020-395617-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-395617-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-395617-title.pdf