Laporkan Masalah

Internship Report at Company ABC

ALIIFAH RAMADHANI, Tidak ada (Laporan magang diselesaikan dan dinilai oleh Toulouse Business School untuk program double degree)

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Perusahaan ABC merupakan perusahaan multinasional terkenal di industri riset pasar. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di London, Inggris dan telah beroperasi di Indonesia selama hampir tiga dekade. Berbagai bidang keahlian dan cakupan industri Perusahaan ABC memungkinkan mereka memiliki lebih banyak klien di Indonesia. Laporan ini ditulis berdasarkan pengalaman magang di Departemen Keuangan di Perusahaan ABC selama lebih dari tiga bulan. Bagian keuangan perusahaan ini sendiri terbagi menjadi tiga subdepartemen, yaitu tim Utang, tim Piutang, dan tim Pajak. Ruang lingkup tanggung jawab selama magang terkait dengan transaksi utang antarperusahaan, termasuk pencatatan faktur, pembuatan daftar faktur tercatat untuk keperluan perpajakan, dan hal-hal terkait lainnya. Diberi kesempatan untuk merasakan pengalaman magang di Perusahaan ABC adalah perjalanan yang benar-benar menarik. Ini memberikan pengalaman langsung yang berharga dan ide yang lebih baik tentang mengejar karir profesional di bidang pekerjaan yang relevan. Tim di Departemen Keuangan sendiri sangat mendukung dan ramah, bahkan kepada seseorang dengan pengalaman kerja yang sangat terbatas dengan membantu mereka memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dalam keadaan sulit di mana sebagian besar waktu dihabiskan untuk bekerja dari rumah karena situasi Covid-19. Kesempatan magang ini berhasil membantu mengembangkan banyak keterampilan dan mahasiswa mampu menerapkan apa yang telah mereka pelajari di kelas selama studi mereka.

Company ABC is a renowned multinational company in the market research industry. Its headquarters is located in London, United Kingdom and they have been operating in Indonesia for almost three decades. The varied areas of expertise and the industry coverage of Company ABC enable them to have more clients in Indonesia. This report was written based on the experience as a finance intern at Company ABC for more than three months. The finance department of this company itself is divided into three subdepartments, which are Account Payable team, Account Receivable team, and Tax team. The scope of responsibilities is related to the intercompany account payable transactions, including recording invoices, preparing a list of recorded invoices for tax purposes, and other related matters. Given the opportunity to experience being an intern at Company ABC was a truly fascinating journey. It provided the valuable hands-on experience and a better idea about the pursuit of a professional career in relevant fields of work. The teams themselves are very supportive and welcoming, even to someone with very limited working experience by helping them understand and adjust with the new environment under difficult circumstances where most of the time was spent to work from home due to the Covid 19 situation. This internship opportunity successfully helped to develop plenty of skills and students were able to implement what they have learned in class during their studies.

Kata Kunci : Internship Report, Finance Department

  1. S1-2020-396994-abstract.pdf  
  2. S1-2020-396994-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-396994-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-396994-title.pdf