Laporkan Masalah

KIOS RAKYAT: USER INTERFACE APLIKASI MARKETPLACE BERBASIS ANDROID DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

YOHANES ADJIE KURNIA, Nur Rohman Rosyid. S.T., M.T., D.Eng.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Pertumbuhan aplikasi seluler toko daring (online) berkembang pesat di Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi semacam ini merupakan bagian dari langkah strategis untuk memasarkan produk secara cepat dan efisien. Aplikasi seluler tidak terpisah dari antarmuka pengguna (user interface) di dalamnya, hingga saat ini telah banyak aplikasi besar seperti Alfachart, KlikIndomaret, Go-Mart by GOJEK, Bukamart by Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Lama kelamaan, fitur-fitur baru di aplikasi tersebut menampilkan user interface yang sangat kompleks dan tidak fokus pada tujuan utamanya sebagai peron pasar (platform marketplace). Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini merancang dan mengembangkan tampilan user interface bernama Kios Rakyat yang mudah digunakan (praktis) oleh masyarakat. Dalam melakukan perancangan user interface aplikasi Kios Rakyat, penulis menggunakan metode penelitian berbasis design sprint. Lebih lanjut instrumen penelitian dilaksanakan melalui kuesioner dan perancangan. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis elemen desain berupa logo, warna, bentuk, typhography, dan karakter desain. Aplikasi ini menitikberatkan pada nilai transaksi produk yang dibutuhkan. Pada proses pelaksanaannya, teori yang digunakan adalah rancangan antarmuka pengguna (user interface design) dengan menggunakan tiga prinsip yaitu: (i) prinsip user interface, (ii) prinsip desain dan tata letak, serta (iii) prinsip pendalaman psikologi warna. Hasil dari pembuatan user interface ini adalah berupa prototipe (prototype) yang dapat membantu pihak pengembang (developer) dalam melanjutkan proses pembuatan aplikasi Kios Rakyat. Dari hasil perancangan dan implementasi, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa user interface aplikasi Kios Rakyat yang telah dihasilkan dalam bentuk prototype ini terbukti mudah dan praktis dalam penggunaanya.

In Indonesia, mobile applications of online store is growing rapidly. As technology evolves, this type of application becomes a part of the roadmap to sell products quickly and efficiently. Mobile applications are inseparable from their user interface. Today, there have been many large applications such as Alfachart, KlikIndomaret, Go-Mart by GOJEK, Bukamart by Bukalapak, Tokopedia, and Shopee. Over the time, new features of an application have a very complex user interface and do not only focus on its main purpose as a marketplace platform. According to that case, this study designed and developed a user interface called Kios Rakyat that is easy to use (practical) by the community. In designing the Kios Rakyat application user interface, the author uses a sprint design-based research method. Furthermore, the research instrument was carried out through a questionnaire and design. Meanwhile, the data analysis technique used is the analysis of design elements in the form of logos, colors, shapes, typography, and design characters. This application focuses on the required transaction value of the products. In the implementation process, the theory used is a user interface design based on three principles, namely: (i) principles of user interface, (ii) principles of design and layout, and (iii) principles of color psychology. The result is in the form of a prototype that can assist developers in continuing the process of developing the Kios Rakyat application. From the design and implementation results, it can be concluded that the Kios Rakyat application user interface that has been produced in the form of a prototype has proven to be easy and practical in its use.

Kata Kunci : Retail, User Interface, Aplikasi, Mobile, Kios Rakyat

  1. D3-2020-415535-abstract.pdf  
  2. D3-2020-415535-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-415535-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-415535-title.pdf