Laporkan Masalah

THE MARKETING STRATEGY TO MAKE THE MILLENNIAL LOYAL ON MUTUAL FUND INVESTMENT IN INDONESIA

ANIS FERISA N, Prof. Eduardus Tandelilin, Ph.D.,

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Dalam rangka menghadapi fenomena bonus demografi, pemerintah Indonesia berupaya menggerakkan ekonomi negara dengan cara mengajak millennial untuk berinvestasi di dalam reksadana. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia, generasi Millennial di tahun 2020 menjadi penyumbang populasi terbesar untuk total penduduk Indonesia dan populasi usia produktif di Indonesia. Penelitian ini untuk mencari perbedaan antara milenial dan non milenial dalam pembelian produk reksa dana dan perbedaan program loyalitas di kalangan manajer investasi Indonesia. Penelitian ini menggunakan data rahasia pelanggan; oleh karena itu, nama manajer investasi dirahasiakan sebagaimana permintaan dari manajer investasi tersebut sendiri. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan penting dalam pembelian reksadana antara generasi milenial dan non-milenial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak mudah untuk menerapkan program loyalitas di kalangan manajer investasi. Laporan diakhiri dengan beberapa rekomendasi praktis.

In order to face the demographic bonus phenomenon, Indonesian government seeks to drive the economy by encouraging millennials to invest in mutual funds. Based on Indonesias Central Bureau of Statistics data, in 2020 Millennial generation is contributing the largest for Indonesia's population and also the productive age population in Indonesia. This report is to find out the difference between millennial and non-millennial in terms of buying mutual funds products and the difference of the loyalty program among Indonesias investment managers. This report is collecting confidential customer data; therefore, the name of the investment managers is kept confidential. The report found that there are important differences in mutual fund purchases between millennial and non-millennial generation. Additionally, the result of this work indicates that it is not so easy to be implementing loyalty programs among investment managers. The reports conclude with some practical recommendations.

Kata Kunci : Investment managers, Millennials, Mutual funds

  1. S2-2020-432732-abstract.pdf  
  2. S2-2020-432732-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-432732-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-432732-title.pdf