Laporkan Masalah

PEMBUATAN ASET ANIMASI 3D DUA RUMAH KAYU TUA MODEL VICTORIA UNTUK FILM HOROR THE DRAFT

HERU WIDIYANTO, Muhammad Fakhrurrifqi, S.Kom., M.Cs.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Perkembangan teknologi dalam bidang perfilman semakin beragam. Salah satu teknologi yang banyak digunakan adalah efek visual. Penggunaan efek visual semakin banyak diminati oleh para pembuat film. Efek visual dapat merealisasikan sesuatu yang awalnya tidak mungkin terjadi menjadi kenyataan. Proses pembuatan efek visual melalui beberapa tahapan penting, salah satunya adalah pembuatan aset animasi 3D. Menilik kebutuhan efek visual pada pembuatan Film The Draft, penulis membuat visualisasi aset animasi 3D rumah tua yang dapat digunakan sebagai kelengkapan pembuatan efek visual pada film tersebut. Aset animasi dan simulasi 3D rumah tua ini dibuat dengan perangkat lunak Blender versi 2.79. Hasil dari penelitian ini adalah aset yang sudah dapat digunakan sebagai komponen pembuatan efek visual.

Technological developments in the film industry are getting more diverse. One of the most widely used technology is visual effects. The use of visual effects is increasingly in demand by filmmakers. Visual effects can create something that could not possibly happen in the first place. Visual effects are made through several important steps, one of them is the creation of 3D animation assets. Given the need for visual effects on the making of The Draft film, the author makes visualization and 3D animation assets of old house that can be used as completeness of making visual effects on the film. 3D animation assets and simulation of old house was made with Blender software version 2.79. The results of this study are assests that can be used as components of making visual effects.

Kata Kunci : Multimedia, Blender, The Draft

  1. D3-2020-384471-abstract.pdf  
  2. D3-2020-384471-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-384471-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-384471-title.pdf