Laporkan Masalah

Penggunaan Aplikasi SIMARDA dalam Pengurusan Surat di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman

ANNISA RAINATUL J, Titi Susanti, S.S., M.P.A

2020 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang Penggunaan Aplikasi SIMARDA dalam Pengurusan Surat di Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman. Aplikasi yang digunakan dalam pengurusan surat pada kajian ini merupakan aplikasi pengurusan surat yang digunakan di Kabupaten Sleman dan belum semua unit pemerintah di Kabupaten Sleman menggunakan aplikasi ini. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui kondisi surat masuk dan surat keluar, tahapan pengurusan surat di BKPP Kabuaten Sleman, penggunaan aplikasi SIMARDA dalam pengurusan surat, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengurusan surat di BKPP Kabuaten Sleman. Metode pengumpulan datayang digunakan terdiri dari tiga metode, yaitu observasi partisipatif, wawancara, dan studi pustaka. Pengamatan partisipatif dilakukan dengan melakukan praktik kerja lapangan (PKL) selama 2 bulan di BKPP Kabupaten Sleman. Wawancara dilakukan dengan 2 narasumber dengan jabatan sebagai arsiparis penyelia dan pengadministrasi umum di Subbagian Umum dan Kepegawaian. Studi pustaka dilakukan untuk menambah khasanah terkait pengurusan surat. Kesimpulan dari Tugas Akhir ini adalah pengurusan surat di BKPP Kabupaten Sleman terdiri dari pengurusan surat masuk dan pengurusan surat keluar. Penggunaan aplikasi SIMARDA dalam pengurusan surat hanya 20% dari semua aktivitas pengurusan surat di BKPP Kabupaten Sleman. Hal itu disebabkan karena sistem dalam aplikasi SIMARDA yang sering mengalami eror.

This Final Project Report discusses the use of SIMARDA Applications on mail handling in Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sleman. The application that used on mail handling in this study is mail handling application used in Kabupaten Sleman and not all government use this aplication . The purpose of this study is to determine the condition of incoming and outgoing letters, the stages of managing letters in BKPP Kabupaten Sleman, the use of the SIMARDA application onmail handling, and to find out the constraints faced in mail handling at BKPP Kabupaten Sleman. The method used in data collection consists of three methods, namely participatory observation, interviews, and literature study. Participatory observation was carried out by conducting fieldwork practices (PKL) for 2 months at BKPP Kabupaten Sleman. Interviews were conducted with 2 speakers as positions as supervisors and general administrators in the General and Personnel Subdivisions. Literature study is conducted to increase the repertoire of related to the handling of letters. The conclusion of this Final Project is the handling of letters in BKPP Kabupaten Sleman consists of handling incoming letters and managing outgoing letters. The use of the SIMARDA application in the process of mail handling is only 20% of all mail handling activities in BKPP KabupatenSleman. That is due to several obstacles such as the system in the SIMARDA application which is sometimes an eror.

Kata Kunci : Surat, Pengurusan Surat, SIMARDA

  1. D3-2020-415537-abstract.pdf  
  2. D3-2020-415537-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-415537-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-415537-title.pdf