Laporkan Masalah

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (SIM CSR TUBAN) PT SEMEN INDONESIA SEBAGAI INOVASI DALAM TATA KELOLA CSR PADA PROSPEK PERUMUSAN KEBIJAKAN

KEANYA CHAIRINNISA, Dr. Silverius Djuni Prihatin, MSi

2020 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN SOSIAL DAN KESEJAHTERAAN

Sistem pelaporan aktivitas CSR yang masih manual, kurang efisien dan tidak menyimpan informasi data dengan baik juga upaya memberikan nilai publikasi, transparansi, dan edukasi sebagai komitmen perusahaan melakukan pemberdayaan pada masyarakat menjadi alasan kuat munculnya digitalisasi sistem pelaporan lewat SIM CSR Tuban. Tujuan dari penelitian ini mengetahui mekanisme SIM CSR Tuban PT Semen Indonesia sebagai inovasi dalam tata kelola CSR pada prospek perumusan kebijakan melalui konsep IPO (Input-Processing-Output). Penelitian ini dilakukan di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, pabrik Tuban di mana menjadi lokasi utama tempat penulis melakukan proses magang, dan saat ini sedang mengembangkan sekaligus memakai sebuah platform online bernama Sistem Informasi Manajemen CSR Tuban. Sistem ini dikembangkan untuk mengatasi worst governance berupa tata kelola CSR dan SDM yang lemah dalam daily report pengungkapan tanggung jawab sosial yang kurang tertata. Metode pengambilan data pada karya ini melalui observasi, wawancara/diskusi/pertemuan/rapat, dokumen perusahaan dan dokumentasi, dengan menalar proses berpikir secar akademis yaitu melihat secara langsung pengaruh sistem ini pada peningkatan pelayanan kepentingan masyarakat melalui program pemberdayaan yang diberikan oleh perusahaan dengan data dan informasi yang dikelola di lapangan. Karya ini menjelaskan tentang bagaimana mekanisme SIM CSR Tuban beroperasi di tengah proses pelaksanaan program CSR dengan menggunakan konsep IPO (Input- Processing- Output). Sistem ini menjadi objek utama penelitian dengan fokus pada mekanisme dan prospeknya dalam perumusan kebijakan CSR yang diperoleh dari informasi di lapangan dan diinput oleh CDO (Community Development Ofiicer) melalui proses pengolahan data lewat fitur yang berada dalam sistem tersebut dan menghasilkan output berupa laporan-laporan terkait aktivitas CSR di mana menjadi sumber utama dalam perumusan kebijakan CSR yang berdasar pada data dan bukti yang real time dan aktual (based evidence).

The CSR activity reporting system which is still manual, inefficient and does not store data information properly as well as efforts to provide publication value, transparency, and education as the company's commitment to empower the community is a strong reason for the emergence of the reporting system digitization through SIM CSR Tuban . The purpose of this study is to find out about the mechanism of CSR in Tuban PT Semen Indonesia as an innovation in CSR governance on the prospect of policy formulation through the concept of IPO (Input-Processing-Output). This research was conducted at PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, the Tuban factory, which is the main location where the author conducted an internship process, and is currently developing and using an platform online called Tuban CSR Management Information System (SIM CSR Tuban). This system was developed to overcome the worst governance in the form of weak CSR and HR governance in the daily report on unorganized social responsibility disclosure. The method of collecting data on this work is through observation, interviews / discussions / meetings, company documents and documentation. By reasoning the process of thinking academically that is to see the influence of this system on improving the service of community interests through empowerment programs provided by companies with data and information managed in the field. This work describes how the SIM CSR Tuban mechanism operates in the middle of the CSR program implementation process using the concept of an IPO (Input-Processing-Output). This system is the main object of research with a focus on the mechanism and prospects in the formulation of CSR policies obtained from information in the field and inputted by the CDO (Community Development Officer) through data processing through features in the system and produce output in the form of related reports CSR activities which are the main source in the formulation of CSR policies that are based on data and evidence real-time and actual (evidence based)

Kata Kunci : SIM CSR, Pelaporan Tanggung Jawab Sosial, Kebijakan CSR

  1. S1-2020-399371-abstract.pdf  
  2. S1-2020-399371-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-399371-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-399371-title.pdf