Laporkan Masalah

HASRAT PAMER DIRI KELAS MENENGAH INDONESIA DI INSTAGRAM : Media Baru, Identitas dan Masyarakat Jaringan

RAMA KERTAMUKTI, Prof. Dr, Heru Nugroho; Dr. S. Bayu Wahyono

2020 | Disertasi | DOKTOR KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Instagram memiliki sumber daya yang menjadikan penggunanya mempunyai semacam ruang pribadi untuk mempresentasikan dirinya kepada orang lain dengan berbagi foto yang artistik. Instagram sebagai hasil teknologi memberikan waktu leisure di kalangan kelas menengah dengan memberikan ruang bagi aktivitas konsumsi dan pamer diri didalam ruang network society.. Instagram dijadikan alat memproduksi maupun mengkonsumsi makna. Kelas menengah sebagai penyokong gaya hidup aktif mempergunakan instagram. Instagram memberikan ruang perayaan dengan semakin mudah kelas menengah menikmati apa yang mereka produksi kemudian diunggah dalam Instagram. Realitas di instagram menggeser pola produksi dan konsumsi pamer diri kelas menengah. Instagram mengalirkan dimensi kehidupan kelas menengah untuk mengalami redefinisi dan diferensiasi dalam menunjukkan praktik sosialnya. Kerja interpretatif diperlukan untuk memahami makna terhadap perilaku interaksi dalam instagram di kelas menengah. Penelitian ini mengeksplorasi fenomena bagaimana kelas menengah bertarung dalam merepresentasi dan mengartikulasi definisi dari identitas hasrat pamer diri di instagram.. Penelitian ini memerlukan metode kualitatif yang khusus dengan menggunakan metode etnografi virtual. Dalam konteks instagram yang diteliti adalah foto yang diunggah dan dipertontonkan oleh kelas menengah. Pendekatan etnografi virtual cukup dapat memahami cara subjek berinteraksi fenomena aktivitasnya di instagram. Informan penelitian ini dipilih secara purposive dari Kelas Menengah. Hasil penelitian menunjukkan tindakan menghabiskan waktu luang (leisure) oleh kelas menengah tidak hanya untuk bersenang-senang memamerkan benda-benda berharga di ruang instagram. Adanya kesenangan yang bergeser (shifting pleasure). Saat ini kelas menengah meredifinisi perayaan kesenangan mereka dengan memamerkan aktivitas bekerja dan tidak hanya menampilkan kemewahan. Pengukuhan identitas tidak hanya melalui pamer konsumsi dengan pemilihan selektif dalam memamerkan tempat yang mewah, aktivitas berlibur, penggunaan fashion yang up to date. Di dalam ruang instagram kelas menengah juga tidak sekedar melakukan tindakan memanfaatkan, menggunakan, atau menikmati instagram untuk kesenangan, kelas menengah juga melakukan leisure economy.

Instagram has resources that make users have a kind of personal space to present themselves to others by sharing artistic photos. Instagram as a result of technology provides time for "leisure" among the middle class by providing space for consumption activities and showing off themselves in the space of the society network. Instagram is used as a tool for producing and consuming meaning. The middle class as a supporter of active lifestyles using Instagram. Instagram provides a celebration room with an easier middle class to enjoy what they produce then uploaded to Instagram. Reality on Instagram shifts the pattern of production and consumption to show off middle class. Instagram streams the dimensions of middle class life to experience redefinition and differentiation in showing social practices. Interpretive work is needed to understand the meaning of interaction behavior in Instagram in the middle class. This research explores the phenomenon of how the middle class fights in representing and articulating definitions of the identity of self-showing desires on Instagram.. This study requires specific qualitative methods using virtual ethnographic methods. In the context of the Instagram studied, photos are uploaded and displayed by the middle class. The virtual ethnographic approach can adequately understand the way subjects interact with their activity phenomena on Instagram. The informants of this study were selected purposively from the Middle Class. The results showed the action of spending leisure time (leisure) by the middle class not only for fun exhibiting valuable objects in the Instagram space. The existence of shifting pleasure. Now the middle class redefines their fun celebrations by exhibiting work activities and not just displaying luxury. Sthrenghten identity not only through consumption showroom with selective in showing off a fancy place, holiday activities, the use of fashion up to date. Inside the Instagram room middle class too not just taking action using, using, or enjoying Instagram for pleasure. The middle class also practices leisure economy.

Kata Kunci : Leisure, Network Society, Middle Class, Instagram

  1. S3-2020-390578-abstract.pdf  
  2. S3-2020-390578-bibliography.pdf  
  3. S3-2020-390578-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2020-390578-title.pdf