Laporkan Masalah

Pembuatan Aset 3D Environment Pesawat Induk untuk Game Simulasi Sci-Fi Persia

WAHYU DWI AFIFAH, Yusron Fuadi, S.Sn., M.Sn.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Game adalah kegiatan hiburan yang memiliki struktur dan gameplay dengan perantara media elektronik. Game dapat berupa visual dalam bentuk 2D atau 3D. Game dengan animasi 3D dapat diciptakan dengan teknik efek visual. Efek visual merupakan teknologi komputer yang diterapkan di pembuatan film maupun game. Pesawat ruang angkasa ini merupakan kebutuhan aset 3D pada game simulasi Persia. Pembuatan aset dibuat menggunakan perangkat lunak Blender, Adobe Photoshop dan Adobe Premiere. Proses modelling dan texturing dilakukan di perangkat lunak Blender versi 2.79. Adobe Photoshop digunakan untuk pengeditan gambar tekstur. Sedangkan untuk penyusunan hasil render menjadi video dilakukan di perangkat lunak Adobe Premiere. Proses pembuatan aset 3D dimulai dari tahap pra-produksi yang meliputi pembuatan konsep, dilanjutkan tahap produksi yang meliputi modelling dan texturing kemudian tahap terakhir yaitu pasca-produksi yang mencakup finishing. Setelah aset dibuat, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan aset 3D pada game simulasi Persia.

The game is an entertainment activity that has structure and gameplay with electronic media intermediaries. The game can be visualized in 2D or 3D form. Games with 3D animation can be created with visual effects techniques. Visual effects are computer technology that is applied in film and gaming industry. This spaceship is a need for 3D asset in Persia simulation game. The making of assets was created using software such as Blender, Adobe Photoshop and Adobe Premiere. The modelling and texturing process are done in Blender software version 2.79. Adobe Photoshop is used for editing texture images. While the preparation of rendering results into videos is done in Adobe Premiere software. The process of making 3D assets starts from the pre-production stage, which includes concept creation, followed by the production phase, which provides for modelling and texturing than the last step, that is post-production which provides for finishing. After the assets are made, it is expected to fulfil the needs of 3D assets on Persia simulation game.

Kata Kunci : Game, Modelling, Texturing, 3D, Pesawat Ruang Angkasa

  1. D3-2020-401064-abstract.pdf  
  2. D3-2020-401064-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-401064-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-401064-title.pdf