ANALYSIS OF COMPETITIVENESS FOR MARKET SHARE EXPANSION OF PT. WASKITA BETON PRECAST Tbk.
KIKIS RAHBUMI, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.,
2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Peningkatan daya saing produk yang dihasilkan oleh perusahaan, akan memudahkan perusahaan untuk melakukan perluasan pangsa pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) serta faktor sukses kunci yang mendukung keberhasilan peningkatan daya saing dan memformulasikan strategi peningkatan daya saing untuk perluasan pangsa pasar PT. Waskita Beton Precast Tbk. Melalui penggunaan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dilakukan pengumpulan data melalui tehnik dokumentasi dan wawancara mendalam, untuk selanjutnya diolah dan dianalisis.Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal sebagai kekuatan yang menentukan daya saing untuk perluasan pangsa pasar PT. Waskita Beton Precast Tbk antara lainnya adalah ketersediaan asset perusahaan yang memadai untuk mendukung proses produksi dan perusahaan memiliki lokasi produksi yang tersebar di lokasi potensial, sedangkan faktor internal sebagai kelemahan yang menentukan daya saing antara lain adalah fluktuasi dan penurunan penjualan dalam tahun terakhir 2019 . Hasil analisis selanjutnya menunjukkan bahwa faktor eksternal sebagai peluang yang menentukan daya saing untuk perluasan pangsa pasar PT. Waskita Beton Precast Tbk antara lainnya adalah banyaknya program pemerintah dalam bidang infrastruktur yang meningkatkan kebutuhan terhadap produk precast serta proses berbasis teknologi sudah digunakan dalam proses produksi sedangkan faktor eksternal sebagai ancaman yang menentukan daya saing antara lain adalah belum seluruh pasokan bahan baku dipasok oleh pemasok lokal serta belum tergarapnya pasar beton precast terhadap konsumen diluar perusahaan dan entitas PT Waskita Karya. Hasil analisis lainnya memperlihatkan bahwa faktor sukses kunci yang mendukung keberhasilan peningkatan daya saing untuk perluasan pangsa pasar PT Waskita Beton Precast Tbk antara lainnya adalah tetap berpegang pada core competencies yaitu fokus pada produksi dan pemasaran produk, konsisten melakukan ekstensifikasi pemasaran untuk mengembangkan pangsa pasar, perusahaan memiliki lokasi produksi yang tersebar di lokasi potensial. Hasil lainnya memperlihatkan bahwa formula strategi peningkatan daya saing untuk perluasan pangsa pasar PT. Waskita Beton Precast Tbk merupakan strategi yang bertumbuh dan membangun untuk menghasilkan posisi kompetitif yang kuat dan pertumbuhan pasar yang cepat dengan mempertahankan dan tetap berpegang pada core competencies yaitu fokus pada produksi dan pemasaran produk.
Increasing the competitiveness of products produced by the company, will facilitate the company to expand market share. The purpose of this study is to evaluate internal factors (strengths and weaknesses) and external factors (opportunities and threats) as well as key success factors that support the success of increasing competitiveness and formulating strategies to increase competitiveness for expanding PT's market share. Waskita Beton Precast Tbk. Through the use of qualitative research with a detective approach, data collection is done through documentation techniques and in-depth interviews, to be further processed and analyzed. The results of the analysis show that internal factors as a force determine competitiveness for the expansion of the market share of PT. Waskita Beton Precast Tbk, among others, is the availability of adequate company assets to support the production process and the company has a production location that is scattered in potential locations, while internal factors as weaknesses determine the competitiveness for expanding PT's market share. Waskita Beton Precast Tbk, among others, is the fluctuation and decline in sales in the last year 2019. The external factors as opportunities that determine competitiveness for the expansion of the market share of PT. Waskita Beton Precast Tbk, among others, is the number of government programs in infrastructure that increase the demand for precast products and technology-based processes already used in the production process while external factors as a threat determine competitiveness for expanding PT's market share. Waskita Beton Precast Tbk, among others, is not yet the entire supply of raw materials supplied by local suppliers and the precast concrete market has not been worked on for consumers outside the company and the entity PT Waskita Karya. Other analysis results show that the key success factors that support the success of increasing competitiveness for the expansion of PT Waskita Beton Precast Tbk's market share include maintaining core competencies, namely focusing on product production and marketing, consistently extending marketing to develop market share, the company has production sites spread over potential locations. Other results show that the strategy formula for increasing competitiveness for expanding PT's market share. Waskita Beton Precast Tbk is a strategy that grows and builds to produce strong competitive positions and fast market growth by maintaining and sticking to core competencies, namely focusing on product production and marketing.
Kata Kunci : Daya Saing, Strategi Peningkatan, Perluasan Pasar.