KAJIAN STRATEGI PERTUMBUHAN PT. MARKTEL DENGAN PEMBENTUKAN PERUSAHAAN INDUK (HOLDING COMPANY)
IQBAL RYANZA, Dr. Suhartono, M.B.A., M.A
2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Dalam menjawab tantangan perubahan masa depan dan perkembangan dunia bisnis yang terus bergerak, menuntut manajemen PT. Marktel berupaya menumbuh kembangkan bisnis perusahaan didalam korporasinya melalui pengembangan usaha, yang dianggap sebagai tujuan entitas bisnis yang logis. Pengembangan usaha itu dengan membentuk perusahaan anak, yang diharapkan mampu menciptakan nilai tambah ekonomi bagi para pemegang sahamnya. Keberadaan PT. Marktel sebagai holding company (perusahaan induk) diharapkan dapat memberi manfaat bagi perusahaan anak secara keseluruhan. Sejalan dengan ini, perusahaan induk secara berkesinambungan melakukan pengasuhan (parenting) dengan karakteristik dan kompetensi inti (core competencies) terhadap perusahaan anak, sehingga perusahaan anak dapat terus menciptakan nilai dan tumbuh dengan basis kompetensi inti tersebut. Perusahaan anak tersebut nantinya diproyeksikan untuk mengatasi keterbatasan pasokan dan supply ke pengguna akhir. Sementara perusahaan anak lainnya di proyeksikan untuk memenuhi tuntutan pasar dan sales after sales (purna jual) serta maintenance. Alat penelitian untuk mengetahui posisi PT. Marktel di dalam industri yang sama ini menggunakan metode analisis SWOT sebagai kerangka dasar strategi perusahaan. Selanjutnya menganalisis faktor internal dan eksternal untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan perusahaan. Metode penelitian dalam analisis EFE dan IFE adalah dengan kuesioner dan wawancara kepada responden secara purposif. Hasil analisis tersebut kemudian diproyeksikan ke dalam Matrik IE untuk mengetahui alternatif strategi yang paling sesuai dengan karakteristik perusahaan. Pada tahap keputusan, menggunakan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) merupakan alat analisis yang menentukan nilai daya tarik dari berbagai strategi yang didasarkan atas seberapa jauh faktor-faktor keberhasilan kunci kritis eksternal dan internal yang dimanfaatkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perusahaan yang digunakan sudah tepat, yaitu strategi pertumbuhan konsentrasi melalui strategi intensif dan strategi integrasi. Kedua strategi tersebut digunakan sebagai bahan acuan untuk membentuk holding company.
In order to answer the changing future challenges and the continuously moving business development, PT Marktel is acquired to make an effort to develop business in its corporation. In relation to this strategy, business development is seen as a reasonable business entity objectives. Developing business by making subsidiary company, this strategy is expected to make additional economic value for the shareholders. The existence of PT Marktel as a holding company is expected to give benefits to its whole subsidiaries. In line to this is that a holding company simultaneously does parenting using certain characteristics and core competencies to the subsidiaries so that these subsidiary companies will be able toearn value and grow with its core competency. However, prior to the establishment of a holding company, the first step was to conduct researches in order to know the current position of PT Marktel within the same industry. This research used SWOT analysis as the framework for the companys strategy. Moving on, it analyzes the internal and external factor to identify the related factors affecting business development. This research uses EFE and IFE analysis method with questioners and interviews to its respondents purposively. This analyzes is further strengthen by secondary data acquired from the management. Lastly, on the decision stage, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) analysis was the analytic tool used to determine the attractiveness value from several strategies that is based on how far its internal and external critical were utilized. This research has shown that the company has utilized the right strategy, that is concentration growth strategy through intensive and integration strategy. Both strategies will be used as reference for the establishment of a holding company.
Kata Kunci : Holding Company, Subsidiary Company, Parenting, Core Competencies, SWOT, EFE, IFE, dan QSPM.