Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT RUMAH BELAJAR O-FRIENDS DALAM INDUSTRI JASA BIMBINGAN BELAJAR DI JAKARTA BARAT

DIAN PRAMITARINI K, Dr. Herris B. Simandjuntak, M.M.

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Rumah Belajar O-Friends adalah salah satu market leader dalam industri jasa bimbingan belajar di area Jakarta Barat. Sejak tahun 2017, PT Rumah Belajar O-Friends mengalami penurunan penerimaan siswa yang berimbas pada penurunan keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis startegi bersaing PT Rumah Belajar O-Friends untuk kemudian menemukan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam tujuan memenangkan persaingan di industri jasa bimbingan belajar. Analisis strategi bersaing ditetapkan setelah dilakukan analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal dari PT Rumah Belajar O-Friends. Analisis lingkungan eksternal dilakukan pada skala industri menggunakan kerangka 5-forces dan key success factors. Analisis lingkungan internal dilakukan dengan pendekatan fungsional dan juga menggunakan kerangka VRIO untuk menganalisis sumber daya dan kapabilitas PT Rumah Belajar O-Friends. Peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan PT Rumah Belajar O-Friends dievaluasi menggunakan matriks EFE dan IFE. Rekomendasi strategi bersaing ditentukan berdasarkan matrik I-E. Hasil penelitian menunjukkan PT Rumah Belajar O-Friends masuk pada cell 5 dari matriks I-E (nilai EFE=2.65 dan nilai IFE=2.90) dengan rekomendasi strategi hold and maintain. Berdasarkan hasil penelitian, alternatif rekomendasi strategi yang disarankan kepada PT Rumah Belajar O-Friends adalah untuk mengubah fokus dari market development yang saat ini dilakukan dengan membuka banyak unit di lokasi geografis baru menjadi market penetration dan product development untuk mempertahankan dan meningkatkan market share pada pasar yang saat ini sudah dikuasai.

PT Rumah Belajar O-Friends is one of the market leader in bimbingan belajar service industry in Jakarta Barat. Since 2017, PT Rumah Belajar O-Friends has experienced a decline in student admissions which has an impact on decreasing company profits. This study aims to analyze the competitive strategy of PT Rumah Belajar O-Friends to then find alternative strategies that can be applied in the goal of winning competition in bimbingan belajar service industry. Competitive strategy analysis is determined after analysis of the external and internal environment of PT Rumah Belajar O-Friends. External environment analysis is carried out on an industrial scale using a 5-forces framework and key success factors. Internal environment analysis is carried out using a functional approach and the VRIO framework to analyze the resources and capabilities of PT Rumah Belajar O-Friends. Opportunities, threats, strengths and weaknesses of PT Rumah Belajar O-Friends are evaluated using the EFE and IFE matrix. Competitive strategy recommendations are determined based on the I-E matrix. The results shown PT Rumah Belajar O-Friends entered in cell 5 of the I-E matrix (EFE value = 2.65 and IFE value = 2.90) with recommendations on hold and maintain strategies. Based on the results of the study, alternative strategy recommended to PT Rumah Belajar O-Friends is to change the focus of market development which is currently being done by opening many units in new geographical locations into market penetration and product development to maintain and increase market share in markets that are now mastered.

Kata Kunci : PT Rumah Belajar O-Friends, bimbingan belajar, Strategi Bersaing, Competitive Strategy

  1. s2-2020-421876-abstract.pdf  
  2. s2-2020-421876-bibliography.pdf  
  3. s2-2020-421876-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2020-421876-title.pdf