INOVASI MODEL BISNIS PADA PT. KAUTSAR ABADI PRIMANGKUNEGARA
NYI MAS RIZKI O, Boyke Rudy Purnomo, S.E., M.M., Ph.D., CFP
2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Bagi suatu bisnis penting untuk menciptakan konsep model bisnis yang tepat karena di dalam model bisnis ini akan dibahas mengenai strategi, pilihan keputusan serta prinsip suatu bisnis sehingga nantinya mampu menciptakan nilai bagi pelanggannya dan mampu menghasilkan keuntungan dari operasionalnya yang semua kegiatan bisnis tersebut berorientasi pada eksternal perusahaan. Model bisnis juga menjelaskan mengenai hubungan perusahaan dengan berbagai pelaku bisnis yang ada di dalam jaringannya serta menggambarkan sumber daya dan kemampuan perusahaan. Di dalam model bisnis ini terdapat beberapa elemen penting yang bersifat fleksibel, sehingga mudah dirubah beberapa bagian elemen tersebut oleh perusahaan jika diperlukan yang biasanya akan diikuti dengan perubahan elemen yang lainnya. PT. Kautsar Abadi Primangkunegara yang menjadi objek penelitian ini bergerak di industri Online Traveling Agency yang melayani pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, sewa kendaraan, dan hotel secara online. PT. Kautsar Abadi Primangkunegara memfokuskan diri untuk melayani pasar B2B (Business to Business). Melihat perusahaan ini bergerak di industri online yang erat dengan dunia teknologi maka perusahaan harus dapat selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini untuk dapat bertahan di industri ini, mempertahankan kunci kesuksesannya dan memperluas bisnisnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi dalam perusahaan ini terutama dalam operasional mereka yaitu dengan penciptaan aplikasi "BUZZTRIP". Inovasi model bisnis dilakukan dengan pendekatan model bisnis kanvas yang terdapat nine building blocks serta dilengkapi dengan peta empati. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan riset yang dilakukan untuk menggambarkan model bisnis pada perusahaan menggunakan data primer melalui wawancara dan in depth interview dan data sekunder yang diadapat dari data internal perusahaan dan observasi tren. Diperlukan evalusi model bisnis secara berkala oleh perusahaan untuk dapat memonitor kondisi perusahaan kedepannya, sehingga dapat menjadi alat untuk perusahaan agar selalu berinovasi sesuai dengan perkembangan tren dan pasar sehingga membuat strategi perusahaan menjadi semakin optimal. Kata Kunci: Model bisnis, model bisnis kanvas, 9 blok kanvas, peta empati.
For a business it is important to create the right business model concept because in this business model will be discussed about the strategy, decision choices and principles of a business so that later it can create value for its customers and be able to generate profits from operations that all business activities are oriented to the company's external . The business model also explains the company's relationships with various business people in its network and illustrates the company's resources and capabilities. In this business model there are a number of important elements that are flexible, so that it is easy to change some of these elements by the company if necessary, which will usually be followed by changes in other elements. PT. Kautsar Abadi Primangkunegara which is the object of this research is engaged in the Online Traveling Agency industry that serves flight ticket reservations, train tickets, vehicle rentals, and hotels online. PT. Kautsar Abadi Primangkunegara focuses on serving the B2B (Business to Business) market. Seeing this company engaged in an online industry that is closely with the world of technology, the company must be able to always follow the development of existing technology to be able to survive in this industry, maintain the key to success and expand its business. Therefore, innovation is needed in these companies, especially in their operations, namely the creation of the application "BUZZTRIP". Business model innovation is carried out using the canvas business model approach, which consists of nine building blocks and is equipped with an empathy map. This research is a qualitative descriptive study using research conducted to describe business models in companies using primary data through interviews and in depth interviews and secondary data obtained from company internal data and trend observations. Periodic business model evaluation is needed by the company to be able to monitor the condition of the company going forward, so that it can be a tool for the company to always innovate in accordance with the development of trends and markets so as to make the company's strategy more optimal. Keywords: Business model, business model canvas, nine building blocks, emphaty map.
Kata Kunci : Model bisnis, model bisnis kanvas, 9 blok kanvas, peta empati