Laporkan Masalah

Request Strategies Found in Coco Movie

INDHIRA PUTRI RAMADHANI, Dr. Adi Sutrisno, M.A.

2020 | Skripsi | S1 SASTRA INGGRIS

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi permintaan yang ditemukan dalam film animasi Amerika yang berjudul Coco. Lebih tepatnya, penelitian ini menganalisa strategi apa yang digunakan berdasarkan klasifikasi dari strategi permintaan oleh Blum-Kulka dan Olshtain (1984) dan menginvestigasi strategi permintaan yang paling dominan yg digunakan oleh semua karakter di film ini. Metode dari penelitian ini adalah mengoleksi semua ucapan yang mengandung permintaan dengan menonton film ini dan menyeleksi ucapan-ucapan dari subtitle. Lalu data diklasifikasikan berdasarkan tingkat keterusterangan termasuk sembilan sub-kategori dari setiap klasifikasi. Berdasarkan temuan, ada 76 permintaan yang dilakukan oleh karakter dalam film. Strategi permintaan yang paling sering digunakan yang ditemukan dalam film adalah permintaan langsung dengan 85%, sedangkan yang paling jarang digunakan adalah permintaan tidak langsung konvensional dengan 3%. Hasilnya menunjukkan bahwa mood derivable adalah strategi permintaan yang paling disukai karena hubungan kedekatan antar karakter.

This research aims to analyze the request strategies as found in an American animated movie entitled Coco. More specifically, it attempts to analyze what strategies are used based on Blum-Kulka and Olshtain (1984) classification of request strategies and investigate the most dominant request strategies used by the characters. The method of this research is collecting the utterance containing requests by watching the movie and selecting the utterances from the subtitle file. The data were then classified based on the level of directness including nine sub-categories of each classification. Based on the findings, there are 76 requests made by the characters in the movie. The most frequently used request strategy found in the movie was direct requests with 85%, while the least frequently used was conventionally indirect requests with 3%. The result shows that mood derivable is the most preferred request strategy because of the closeness relationship between the characters.

Kata Kunci : Coco movie, direct request, request strategies

  1. S1-2020-345230-abstract.pdf  
  2. S1-2020-345230-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-345230-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-345230-title.pdf