Laporkan Masalah

PENENTUAN KOS PRODUK PADA INDUSTRI KREATIF

YOHANES ABHISTA, Arief Surya Irawan. S.E., M. Com. Ak., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Ekonomi Kreatif saat ini merupakan salah satu tulang punggung dari perekonomian Indonesia. Kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap PDB di Indonesia mengalami peningkatan selama 2017-2019. Dalam meningkatkan kontribusinya, Industri Kreatif harus dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi salah satunya dengan menentukan kos produk dengan mempertimbangkan tingkat akurasi dalam perhitungannya. Analisis dalam peneletian ini menggunakan metode ABC yang dilaksanakan di salah satu Industri Kreatif yang bertempat di Semarang. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui tahapan-tahapan ABC, Industri Kreatif memerlukan data mengenai penggunaan sumber daya yang lebih lengkap agar tingkat akurasi pada perhitungan kos produk dapat lebih optimal. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi dalam penentuan kos produk di tahun berikutnya.

The Creative Economy is now one of the backbones of the Indonesian economy. The contribution of the Creative Economy to GDP in Indonesia has increased during 2017-2019. In increasing its contribution, the Creative Industry must be able to overcome the problems faced by one of them by determining the cost of the product by considering the level of accuracy in its calculations. The analysis in this study used the ABC method which was carried out in one of the Creative Industries located in Semarang. To achieve the research objectives, a descriptive qualitative study was conducted by collecting data through observation, interviews, and documentation. Through the ABC stages, the Creative Industry requires data on the use of more complete resources so that the level of accuracy in calculating product costs can be optimized. The results of this study can be used as recommendations in determining the cost of the product in the following year.

Kata Kunci : Activity Based Costing, Kos Produk, Industri Kreatif

  1. S1-2020-381990-abstract.pdf  
  2. S1-2020-381990-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-381990-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-381990-title.pdf