Laporkan Masalah

Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Hidup pada Mahasiswa Farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta

NUR AINI MARDEA, Dr. Susi Ari Kristina, M.Kes., Apt.

2020 | Skripsi | S1 FARMASI

Stres adalah suatu keadaan dimana beban yang dirasakan seseorang tidak sepadan dengan kemampuan untuk mengatasi beban tersebut dan dapat menyebabkan penurunan kesehatan serta kualitas hidup secara umum. Mahasiswa dari profesi kesehatan dilaporkan menunjukkan tingkat stres yang tinggi karena sifat dari proses pendidikan mereka. Mahasiswa Farmasi menunjukkan prevalensi stres yang relatif lebih tinggi daripada mahasiswa dari profesi kesehatan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres dan kualitas hidup serta hubungan keduanya pada mahasiswa Farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode survei, dimana digunakan kuesioner standar PSS untuk pengukuran stres dan WHOQOL-BREF untuk pengukuran kualitas hidup sebagai instrumen penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 367 responden dan diambil dengan metode convenience sampling pada mahasiswa Farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengukur hubungan antara tingkat stres dengan kualitas hidup dianalisis menggunakan uji statistik Chi-square dengan taraf kepercayaan 95% (p<0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa responden yang memiliki tingkat stres tinggi sebesar 47,14% dan responden yang memiliki kualitas hidup buruk sebesar 47,41%. Variabel yang memengaruhi tingkat stres secara signifikan yaitu jenis kelamin (p=0,015), usia (p=0,046), dan pengalaman cemas atau depresi (p=0,001). Sedangkan variabel yang memengaruhi kualitas hidup secara signifikan adalah pengalaman mengikuti kegiatan nonakademis (p=0,013) dan pengalaman cemas atau depresi (p=0,001). Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kualitas hidup pada mahasiswa Farmasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (p=0,000). Hasil ini dapat menjadi rekomendasi untuk institusi pendidikan agar lebih memperhatikan stres yang dialami oleh mahasiswa sehingga akan diperoleh lulusan dengan kualitas hidup yang lebih baik.

Stress is a condition where a person's perceived burden is not commensurate with their ability to cope with that burden and can cause a decrease in health and general quality of life. Students from the health profession have been reported to show high levels of stress due to the nature of their educational process. Pharmacy students show a relatively higher prevalence of stress than students from other health professions. This study aims to determine the description of stress levels, quality of life, and the relationship between them among Pharmacy students in the Special Region of Yogyakarta. This study was conducted with a cross sectional approach using survey methods, which used the PSS standard questionnaire for stress measurement and WHOQOL-BREF for measuring quality of life as the study instruments. The number of samples in this study was 367 respondents and taken by convenience sampling method among Pharmacy students in the Special Region of Yogyakarta. The relationship between stress levels and quality of life were analyzed using a Chi-square statistical test with a confidence level of 95% (p <0.05) The analysis showed that respondents who had high stress levels were 47.14% and respondents who had poor quality of life were 47.41%. Variables that significantly affected stress levels were sex (p=0.015), age (p=0.046), and anxiety or depression (p=0.001). Whereas the variables that significantly affected the quality of life are experiences of non-academic activities (p=0.013) and experiences of anxiety or depression (p=0.001). There was a relationship between stress level and quality of life among Pharmacy students in the Special Region of Yogyakarta (p=0,000). This result can be a recommendation for educational institutions to pay more attention to the stress experienced by students, so that graduates will get better quality of life.

Kata Kunci : Stres, Kualitas Hidup, Perceived Stress Scale (PSS), WHOQOL-BREF

  1. S1-2020-393399-abstract.pdf  
  2. S1-2020-393399-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393399-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-393399-title.pdf