PROSES KREATIF DALAM PRODUKSI PROGRAM FOLLOW ME SEBAGAI PROGRAM MAGAZINE BERTOPIK REKOMENDASI TRAVELING DI KOMPAS TV
ANNISA EGA KURNIARE, IRHAM NUR ANSHARI, S.I.P., M.A.
2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIPersaingan televisi saat ini semakin sengit dan memunculkan berbagai tantangan baru, khususnya terhadap industri televisi khusus berita seperti Kompas TV. Agar dapat mempertahankan khalayaknya, mereka harus membuat program-program yang unik dan menghibur, namun tetap menjaga citranya sebagai televisi berita. Pembuatan program tersebut membutuhkan suatu proses kreatif yang inovatif dan visioner. Untuk memahami proses kreatif tersebut, peneliti menjalankan observasi partisipan sebagai kru kreatif dalam produksi program magazine bertopik rekomendasi traveling di Kompas TV, berjudul Follow Me. Tujuan dari penelitian produksi karya ini ialah untuk memahami serta menganalisis proses dan peranan kreatif secara nyata dalam memproduksi sebuah program televisi, mulai dari tahap persiapan, praproduksi, produksi, pascaproduksi, hingga evaluasi. Penelitian berfokus pada produksi episode 4, 5, dan 7 sebagai output dari produksi karya ini. Hasil dari pelaksanaan produksi karya ini, memperlihatkan bahwa proses kreatif dalam produksi program Follow Me melibatkan banyak job description, namun yang paling utama adalah tahapan brainstorming, script writing, pendampingan proses editing, hingga strategist promo media sosial. Dari tahapan itu, hasil cipta, rasa dan karya kreativitas produksi suatu episode dapat dirasakan. Ketidakhadiran peran kru kreatif dalam proses produksi rupanya dapat menghambat proses kreatif itu sendiri. Selain itu, kru kreatif juga dituntut untuk bisa merangkap peranan lain, karena pada kenyatannya, proses produksi program informasi hiburan khususnya program magazine berjalan dengan sangat dinamis.
The competition of television industries is now increasingly fierce and raises new challenges, especially for the news-television industry like Kompas TV. In order to maintain their audiences, they must create unique and entertaining programs, yet must still maintaining their image as a news-television. The making of the program requires an innovative and visionary creative process. To understand the core of this creative process, the researcher conducted a participant observation as a creative crew in the production of Follow Me, a traveling recommendations magazine program in Kompas TV. The aim of this research is to understand and analyze the actual process and roles of a creative crew in producing a television program, starting from the preparation, pre-production, production, post-production, to evaluation. The research focused on the making of episodes 4, 5, and 7 as its main output. The result of this research shows that creative project in the production of Follow Me comprises many job descriptions but the most important aspects of the production are the process of brainstorming, script writing, supervision of the editing process of the mentioned episodes, and the social media promotion strategist. From those processes, the output of the production can really be enjoyed. The absence of the creative crews in the production may detain the creative process. Furthermore, creative crews are also obliged to be capable of compensating other crews role because the production process of news entertainment program, specifically magazine, runs dynamically.
Kata Kunci : proses kreatif, produksi televisi, program magazine, rekomendasi traveling, news entertainment, Kompas TV