Understanding Indonesian Consumer Preference towards Packaging Products Buying Decision through Eco-Friendly Product Attributes
BIRGITTA ANGGITAN PU, Dr Arie T. Barendregt RM MBA
2019 | Skripsi | S1 AKUNTANSIStudi ini bertujuan untuk mengungkapkan preferensi konsumen Indonesia terhadap produk kemasan, seperti tas pembawa dan botol air. Hal ini bisa dilakukan dengan menganalisis penilaian konsumen terhadap atribut produk. Konsumen diminta untuk memilih set atribut produk, yang mereka nilai memiliki utilitas tertinggi. Selain itu, penelitian ini menerapkan metode kualitatif wawancara yang mendalam dan metode kuantitatif dengan mendistribusikan kuesioner secara Discrete Choice Experiment. Ada lima atribut produk ramah lingkungan untuk produk kemasan, kinerja dan kualitas fungsional, biaya ekonomi, fitur ramah lingkungan, hedonis atau daya tarik emosional dan kenyamanan. Mengingat hasil untuk tas, atribut produk yang memiliki pengaruh signifikan dalam menentukan preferensi adalah kinerja dan kualitas fungsional, biaya ekonomi, fitur ramah lingkungan, dan kenyamanan. Namun, untuk botol air, hanya kinerja dan kualitas fungsional yang tidak mempengaruhi signifikan secara statistik terhadap preferensi konsumen. Selain itu, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pilihan konsumen terhadap kedua produk kemasan. Penelitian ini juga menganalisis tingkat kesadaran dan minat konsumen Indonesia terhadap produk kemasan ramah lingkungan melalui skala likert dan wawancara. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa sebagian besar pelanggan Indonesia memiliki kesadaran tinggi terhadap lingkungan dan minat untuk membeli produk kemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi produsen untuk menciptakan produk-produk alternatif untuk menggantikan penggunaan produk kemasan plastik sekali pakai yang terbukti berbahaya bagi lingkungan. Pada akhir penelitian ini, arahan untuk penelitian lebih lanjut disediakan untuk melanjutkan pengembangan studi di bidang ini.
The study aims to reveal Indonesian consumers�¢ï¿½ï¿½ preferences towards packaging products, such as a carrier bag and water bottle. It could be done by analysing the consumers�¢ï¿½ï¿½ valuation of product attributes. Consumers are asked to choose a bundle of product attributes, which they value to have the highest utility. In addition, this study applies a qualitative method of in-depth interview and a quantitative method by distributing a questionnaire with a discrete choice experiment. There are five eco-friendly product attributes for packaging product, functional performance and quality, economic costs, environmentally friendly feature, hedonic or emotional appeal and convenient. Given the result for a carrier bag, the product attributes which have a significant influence in determining preferences are functional performance and quality, economic costs, environmentally friendly feature, and convenient. However, for a water bottle, only functional performance and quality does not become statistically significant towards consumer preferences. Aside from that, the level of education and level of income does not have any significant effect on consumer choices towards both packaging products. This research also analyses the level of awareness and interest of Indonesian consumers towards eco-friendly packaging products through a Likert scale and interview. From the result of the study, it is found that most of Indonesia customer have a high awareness of the environment and interest in purchasing packaging products. The purpose of the study is to give insights for manufacturers for creating alternative products to replace the use of single-use plastics packaging products that are proven to be harmful to the environment. At the end of this research, directions for further research are provided in order to continue the development of the study in this area.
Kata Kunci : Marketing Research,Discrete Choice Experiment,Eco-friendly Packaging,Consumer Preferences,Product Attributes,Black Box Model,Theory of Planned Behaviour,Environmentally Friendly.