KEPUASAN WISATAWAN DAN PENGEMBANGAN WISATA AGRO PT PERKEBUNAN TAMBI KABUPATEN WONOSOBO
FAISHAL PERMANA, Prof.Dr.Ir. Masyhuri;Ir.Any Suryantini, MM.,Ph.D.
2019 | Tesis | Magister Manajemen AgribisnisPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Persepsi proses pengambilan keputusan wisatawan untuk berkunjung ke Wisata Agro Tambi, (2) tingkat kepuasan wisatawan terhadap fasilitas dan pelayanan yang terdapat di Wisata Agro Tambi, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan merekomendasikan Wisata Agro Tambi dan untuk (4) mengetahui pengembangan fasilitas dan kualitas yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja Wisata Agro Tambi. Penelitian ini dilakukan dengan responden yang berasal dari internal customer (Agen Wisata perjalanan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo) dan external customer (Wisatawan). Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling dengan jumlah external customer sebanyak 100 responden dan 4 responden internal customer ( 3 Agen Wisata Perjalanan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo). Metode Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, customer satisfaction index, Analisis Regresi, Important Performance Analysis, ASEB Grid Analysis dan Diagram Fishbone. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi wisatawan yang berkunjung ke Wisata Agro Tambi adalah berdasarkan keuntungan perjalanan. Wisatawan tergolong sangat puas terhadap kinerja Wisata Agro Tambi, mayoritas wisatawan merekomendasikan Wisata Agro Tambi, faktor yang mempengaruhi kemauan merekomendasi adalah keuntungan perjalanan, kelengkapan media informasi dan biaya perjalanan. Tiga masalah utama dalam pengembangan Wisata Agro Tambi adalah kurangnya promosi wisata Agro Tambi, Kesulitan Wisata Agro Tambi dihubungi dan Kurangnya Spot Foto.
This study aims to determine (1) the perception of the decision making process of tourists to visit Agro Tambi Tourism, (2) the level of tourist satisfaction with the facilities and services contained in Agro Tambi Tourism, (3) the factors that influence the willingness to recommend Agro Tourism Tambi and to (4) find out the development of facilities and quality needed to improve the performance of Tambi Agro Tourism. This research is conducted with respondents who came from internal customers (travel agents and the Tourism Office of Wonosobo Regency) and external customers (tourists). The sampling technique is accidental sampling with the number of external customers totaling 100 respondents and 4 respondents internal customer (3 Travel Agencies and the Tourism Office of Wonosobo Regency). The analysis methods used are descriptive analysis, customer satisfaction index, Regression Analysis, Important Performance Analysis, ASEB Grid Analysis andDiagrams Fishbone. The results showed that the perception of tourists visiting Tambi Agro Tourism is based on the travel benefits. Tourists are classified as very satisfied with the performance of Agro Tambi Tourism, the majority of tourists recommend Agro Tambi Tourism, factors that influence the willingness to recommend are travel benefits, complete information media and travel costs. Three main problems in the development of Agro Tambi Tourism are the lack of promotion of Agro Tambi tourism, the difficulty of being contacted by Agro Tambi Tourism and the lack of Photo Spots.
Kata Kunci : Proses Pengambilan keputusan, kepuasan wisatawan, pengembangan Wisata Agro