Laporkan Masalah

Pemasaran Benih Nila di Dusun Bokesan, Kabupaten Sleman

PIKIH SURENDI, Ir. Sukardi, M.P

2019 | Skripsi | S1 AKUAKULTUR

Penelitian yang berjudul “Pemasaran Benih Nila di Dusun Bokesan, Kabupaten Sleman” ini bertujuan untuk menentukan 1) saluran pemasaran benih ikan nila di Bokesan, Kabupaten Sleman, 2) margin pemasaran dan farmer’s share masing- masing saluran pemasaran, 3) struktur pemasaran yang terbentuk. Sampel petani dipilih dengan metode purposive sampling. Margin Pemasaran ditentukan dari selisih harga ditingkat konsumen dengan harga ditingkat produsen. Farmer’s share dihitung dari presentase harga ditingkat petani dengan harga ditingkat konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran benih nila melalui POKDAKAN memliki satu saluran pemasaran dan saluran pemasaran yang tidak melalui POKDAKAN memiliki dua saluran pemasaran. Margin pemasaran dan farmer’s share tinggi terdapat pada saluran pemasaran yang melalui POKDAKAN dengan nilai margin pemasaran Rp. 3.6, dan nilai farmer’s share sebesar 597%. Struktur pasar yang terbentuk yaitu pasar monopoli.

The research entitled “ Marketing of baby Tilapia in Bokesan village, Sleman Regency” aims to determine 1) marketing channels of baby tilapia fish in Bokesan, Sleman regency, 2) marketing margin and farmer’s share on each marketing channel, 3) marketing structure formed. Producers sample were determined by simple random sampling method. Marketing margin was calculated from difference between producers price with consumers price. Farmer’s share was determined by percentage of producers price with consumers price. The results showed that the marketing channels of baby tilapia through POKDAKAN had one marketing channel and marketing channels that were not through POKDAKAN having two marketing channels. High marketing margin and farmer’s share are found in marketing channels through POKDAKAN with a marketing margin of Rp.3.6, and farmer’s share value of 597%. The market strcture that is formed is the monopoly market.

Kata Kunci : benih nila, bokesan, farmer’s share, margin pemasaran, struktur pasar

  1. S1-2019-318085-abstract.pdf  
  2. S1-2019-318085-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-318085-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-318085-title.pdf