RENCANA PEMASARAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN KEPADA PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN SEKTOR PEKERJA BUKAN PENERIMA UPAH DAN USAHA MIKRO DI WILAYAH DKI JAKARTA
ADHITYO PRABOWO, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan program pemerintah dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu. Berdasarkan amanat undang-undang program ini wajib diikuti oleh seluruh tenaga kerja yang bekerja di Indonesia baik itu pekerja penerima upah (formal) maupun pekerja bukan penerima upah (informal). Dalam rangka meningkatkan akuisisi kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan secara masif dan menjaga keberlangsungan peserta aktif (rutin membayar iuran bulanan), maka penelitian ini akan menyusun rencana pemasaran program jaminan sosial ketenagakerjaan, salah satunya dengan mengoptimalkan strategi pemasaran langsung melalui sistem keagenan Perisai dalam proses akuisisi dan menjaga keberlangsungan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Agen Perisai merupakan suatu konsep pemasaran yang memberikan layanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui perantara agen eksternal, sehingga peserta tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengantre untuk dilayani. Layanan yang ditawarkan oleh agen Perisai diantaranya promosi, pendaftaran peserta, pembayaran iuran, administrasi data, dan konsultasi jaminan sosial ketenagakerjaan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif di Wilayah DKI Jakarta sebagai sampel. Penelitian menggunakan alat bantu kuesioner yang dibagikan kepada pekerja di sektor bukan penerima upah dan UMKM serta wawancara mendalam yang dilakukan kepada peserta senior untuk menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran BPJS Ketenagakerjaan. Penyusunan rencana pemasaran bertujuan untuk membuat dan menyusun rencana pemasaran yang komprehensif serta untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menghambat strategi rencana pemasaran dan mengetahui faktor-faktor yang dapat menjadi kunci kesuksesan strategi rencana pemasaran agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan dan pada akhirnya dapat meningkatkan akuisisi kepesertaan dan kesinambungan iuran peserta program BPJS Ketenagakerjaan.
Employment social security is a government program in providing protection for workers to overcome socio-economic risks which held by BPJS Ketenagakerjaan. Based on the mandate of the law, this program must be followed by all Indonesian workers and foreign workers who work in Indonesia, both wage-receiving workers (formal) and non-wage receiver workers (informal). In order to increase the acquisition of the membership of the BPJS Ketenagakerjaan program massively and maintain the sustainability of active participants (regularly paying monthly contributions), this study will compile a marketing plan for employment social security programs, one of which is by optimizing the direct marketing strategy through the Perisai agency system Perisai Agency is a marketing concept that provides services to BPJS Ketenagakerjaan participants through external agent intermediaries, so participants do not need to come to the branch office and queue to be served. Services offered by Perisai agents are include promotion, registration of participants, payment of contributions, administration of data, and employment social security consultation. The study was conducted with a descriptive qualitative method. The study used a questionnaire survey that was distributed to workers in the non-wage receiver sector and micro and small enterprise industry in the DKI Jakarta Region as a sample. This study also did in-depth interviews conducted to senior participants to analyze need and wants then develop the BPJS Ketenagakerjaan marketing strategy. This study objection is to create and compile a comprehensive marketing plan, to find out the factors that inhibit the marketing plan strategy and the key success factor of the BPJS Ketenagakerjaan’s Perisai Agency strategy. At the last, this marketing plan is expected can increase acquisition and and maintain sustainability of BPJS Ketenagakerjaan particiant massively and effectively.
Kata Kunci : Rencana Pemasaran, Agen Perisai, BPJS Ketenagakerjaan