ANALISIS DAN DESAIN PENCATATAN TAGIHAN SEWA RUMAH DINAS PEGAWAI DI DIREKTORAT ASET UNIVERSITAS GADJAH MADA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL
SEKAR AYU ASMARANI, Faiz Zamzami, S.E., M.Acc., QIA.
2019 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSIPermasalahan yang terjadi di Direktorat Aset dalam melakukan pencatatan tagihan sewa terdapat pada perekapan pembayaran sewa Rumah Dinas. Proses input pencatatan mengalami kesulitan karena pengecekan dilakukan pada dua virtual account sehingga terkadang ada data yang terlewat untuk direkap dan diperhitungkan pada worksheet tagihan sewa. Selain itu, pengembangan sistem yang sedang dilakukan oleh Direktorat Aset membuat desain pencatatan tagihan sewa harus disesuaikan dengan kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan desain pencatatan tagihan sewa Rumah Dinas Pegawai dengan menggunakan Microsoft Excel serta memberikan usulan desain yang dapat membantu dalam pengembangan sistem berkaitan dengan pencatatan tagihan sewa Rumah Dinas Pegawai di Direktorat Aset UGM. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisa dan Desain Pencatatan Tagihan Sewa Rumah Dinas Pegawai ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan guna pengembangan yang sedang dilakukan oleh Direktorat Aset UGM serta dengan adanya desain perekapan pembayaran ini dapat membantu mempermudah Direktorat Aset untuk melakukan pengecekan dan pengawasan (monitoring) terhadap perkembangan pembayaran yang dilakukan oleh penghuni Rumah Dinas.
The problem that occur in the Directorate of Assets in recording leases bills is found in the recapitulation of levies at the Rumah Dinas. The recording input process has difficulty because checking is done on two virtual accounts so that sometimes there is missing data to be recapitulated and counted on the leases bill worksheet. In addition, the system development that is being carried out by the Asset Directorate makes the design of recording leases bills must be adjusted as needed. The purpose of this study is to analyze and design the recording rent bills of Rumah Dinas Pegawai by using Microsoft Excel and provide design proposals that can assist in the development of the system relating to the recording rent bills of Rumah Dinas Pegawai at the UGM Asset Directorate. The analytical method used in this research is qualitative descriptive analysis. The type of data used is sourced from primary data and secondary data. The Analysis and Design for Recording Rent Bills of Rumah Dinas Pegawai have been adapted to the needs of development currently being carried out by the Asset Directorate for checking and monitoringtowards the development of payments made by residents of the Rumah Dinas.
Kata Kunci : Analisis dan Desain, Pencatatan Tagihan, Rumah Dinas, Sewa