DINAMIKA FANWAR K-POP (Analisis Isi Kuantitatif Dinamika Fanwar pada Tweet Reply oleh Fandom ARMY dan EXO-L terhadap Tweet Berita @soompi periode 1 Oktober-31 Desember 2017)
ADESARI AVININGTYAS, Lisa Lindawati, S.I.P., M.A.
2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIDunia fandom K-Pop hadir untuk menaungi fans yang saling berinteraksi. Fandom di dunia maya mampu menjangkau skala multinasional karena internet tidak mengenal batas ruang dan waktu. Saat berinteraksi, fans tidak terhindar dari perilaku negatif karena sifat fanatisme yang ada dalam diri fans dapat memicu perilaku kompetitif. Pada dunia fandom K-Pop, persaingan yang terjadi antar fans disebut dengan fanwar. Beberapa fandom besar dalam dunia K-Pop memiliki persaingan ketat satu sama lain, seperti dalam chart musik, penghargaan, hingga popularitas. Melalui interaksi di media sosial seperti Twitter, fans K-Pop menunjukkan kecenderungannya dalam memihak dan memaknai kesuksesan idolanya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana dinamika komentar antara fans grup BTS dan EXO, yakni kelompok fandom ARMY dan EXO-L, dalam fanwar yang terjadi di tweet reply pada tweet berita @soompi selama bulan Oktober hingga Desember 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi. Hasil penelitian menemukan bahwa fans dari kedua fandom sama-sama aktif dalam aktivitas fanwar, dengan ARMY yang lebih berperan sebagai pemantik interaktivitas antar fans dan EXO-L kerap memancing perseteruan dengan lebih banyak mengunggah tweet reply negatif. Untuk penggunaan jenis flaming, Direct and Intentional Flaming dan Hot Flames menjadi dua model yang paling banyak ditemukan dengan presentase masing-masing 84,1% dan 59%.
Dunia fandom K-Pop hadir untuk menaungi fans yang saling berinteraksi. Fandom di dunia maya mampu menjangkau skala multinasional karena internet tidak mengenal batas ruang dan waktu. Saat berinteraksi, fans tidak terhindar dari perilaku negatif karena sifat fanatisme yang ada dalam diri fans dapat memicu perilaku kompetitif. Pada dunia fandom K-Pop, persaingan yang terjadi antar fans disebut dengan fanwar. Beberapa fandom besar dalam dunia K-Pop memiliki persaingan ketat satu sama lain, seperti dalam chart musik, penghargaan, hingga popularitas. Melalui interaksi di media sosial seperti Twitter, fans K-Pop menunjukkan kecenderungannya dalam memihak dan memaknai kesuksesan idolanya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana dinamika komentar antara fans grup BTS dan EXO, yakni kelompok fandom ARMY dan EXO-L, dalam fanwar yang terjadi di tweet reply pada tweet berita @soompi selama bulan Oktober hingga Desember 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi. Hasil penelitian menemukan bahwa fans dari kedua fandom sama-sama aktif dalam aktivitas fanwar, dengan ARMY yang lebih berperan sebagai pemantik interaktivitas antar fans dan EXO-L kerap memancing perseteruan dengan lebih banyak mengunggah tweet reply negatif. Untuk penggunaan jenis flaming, Direct and Intentional Flaming dan Hot Flames menjadi dua model yang paling banyak ditemukan dengan presentase masing-masing 84,1% dan 59%.
Kata Kunci : analisis isi kualitatif, interaktivitas, media sosial, Twitter, fandom, K-Pop, fanwar, flaming