Analisis Kesuksesan Bisnis Kedai Kopi
ASHLEY THALIA TESHALONICA SIAGIAN, Ir. Subagyo, Ph.D
2019 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRIIndustri kuliner di Indonesia memiliki kontribusi paling besar baik terhadap PDB Ekonomi Kreatif Nasional maupun dalam penyerapan tenaga kerja. Bisnis kedai kopi sebagai sektor industri kuliner memiliki compound annual growth rate yang lebih tinggi dibanding industri kuliner. Dengan market terbesar yang datang dari milenial, bisnis kedai kopi dituntut untuk dapat memenuhi kultur milenial seperti remote working dan gemar berkumpul. Penelitian ini akan mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis kedai kopi dan menentukan model matematis untuk memprediksi kesuksesan bisnis kedai kopi. Penelitian ini akan berfokus pada kedai kopi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedai kopi yang menjadi objek penelitian adalah kedai kopi dengan market share yang signifikan. Faktor-faktor kesuksesan bisnis kedai kopi didasarkan pada studi literatur dan nilai dari masing-masing faktor didapatkan dari observasi dan kuisioner. Faktor kesuksesan pada penelitian ini adalah coffee, food and beverage, atmosphere, servce, location, dan price. Faktor kemudian akan diuji dengan lima model terdahulu dengan metode Kano dan multiple linear regression. Kriteria penentuan model terbaik adalah nilai top three error yang terkecil dengan metode mean absolute percentage error. Model terbaik yang digunakan untuk memprediksi kesuksesan bisnsi kedai kopi adalah model Yuksel&Yuksel (2002) dengan nilai top three error sebesar 11.1%
Indonesia's foodservice industry has led to the increased contribution to both the national GDP of creative economy and job creation. The compound annual growth rate of coffee shop businesses as Indonesia foodservice sector has exceeded and will exceed the foodservice industry itself. With millennials as its largest market, coffee shop businesses are required to fulfill millennial's demands such as remote working and their behavior of gathering around. This research will identify the factors that influence the success of coffee shop businesses and determine the mathematical model to predict the success of coffee shop businesses. This research focuses on coffee shops in the Special Region of Yogyakarta; the research objects are those with significant market shares. Success factors are based on literature reviews and the value of each factor is gathered by observation and questionnaires. Success factors used in this research are coffee, food and beverage, atmosphere, servce, location, and price. The factors will then be tested with five previous models with Kano method and multiple linear regression. The criteria for model selection is least absolute percentage error of top three prediction. The selected model Yuksel&Yuksel (2002) model with top three prediction error value of 11.1%.
Kata Kunci : Model Fitting, Kesuksesan Produk, Market Share, Model Kano, Kedai Kopi, multiple linear regression