Laporkan Masalah

Kepemimpinan Otentik Dalam Konteks Organisasi yang Sedang Berubah

ABDUL HAMID SARAGIH, Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Berhadapan dengan dinamika bisnis global yang sangat kompetitif sebuah perusahaan harus mampu menyesuaikan diri dan berani melakukan perubahaan. Selama proses perubahan organisasi pasti akan terjadi gesekan, penolakan, dan hal-hal tidak terduga yang dapat menghalangi tujuan. Kepemimpinan menjadi salah satu faktor yang tepat untuk mengatasi halangan-halangan dalam proses perubahan organisasi. Kepemimpinan otentik adalah proses yang menarik dalam konteks organisasi maju yaitu kesadaran diri dan regulasi diri sehingga menghasilkan perilaku positif yang lebih baik jika dibandingkan dengan gaya kepemimpinan lainnya. Penelitian ini memperluas penelitian yang ada mengenai konstruk kepemimpinan otentik dengan melakukan uji validitas konstruk alat ukur psikologi kepemimpinan otentik dan melakukan pertanyaan terbuka (open-ended) untuk melihat kontekstualitas kepemimpinan otentik di perusahaan profit yang sedang berubah.. Subyek pada penelitian ini merupakan karyawan P.T. GMF AeroAsia, Tbk yang telah bekerja minimal 1 tahun. Pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan pertanyaan terbuka. Analisis data yang digunakan untuk menguji keempat dimensi authentic leadership menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Hasil uji model pengukuran Authentic Leadership dengan metode CFA menghasilkan nilai kriteria model fit RMSEA = 0,076; CFI = 0,958; dan TLI = 0,910. Nilai factor loading yang diperoleh setiap indikator bergerak dari angka 0,523 sampai dengan 0,769 dengan menghasilkan sembilan aitem pernyataan. Berdasarkan analisis kualitatif tematik, jawaban subyek dikategorisasikan ke dalam empat faktor yang berperan bagi pemimpin dalam mempengaruhi anak buahnya

Dealing with the dynamics of a highly competitive global business, a company should be able to adjust and dare to make changes. During the organizational change process, there will be friction, rejection, and unexpected things that can hinder the goal. Leadership is one of the right factors to overcome the obstacles in organizational change process. Authentic leadership is an interesting process in the context of advanced organizations namely self-awareness and self-regulation so as to produce positive behaviors that are better when compared to other leadership styles. This research extended the existing research regarding the construct of authentic leadership by testing the construct validity of authentic leadership psychological measurement tools and conducting open-ended questions to see authentic leadership witihin the context of changing profit companies. The subjects in this study were employees of PT. GMF AeroAsia, Tbk. The data in this study were collected by using questionnaires and open questions. The data was analysis tested the four dimension of authentic leadership using confirmatory factor analysis (CFA). The test results of Authentic Leadership measurement model with CFA method produce the criteria value of the model fit RMSEA = 0.076; CFI = 0.958; and TLI = 0.910. The value of the loading factor obtained by each indicator moved from the numbers 0.523 to 0.769 by producing nine-item statements. Based on the thematic qualitative analysis, the responds of the subjects were categorized into four factors that played a role for leaders in influencing their subordinates.

Kata Kunci : Kepemimpinan Otentik, Organisasi, Berubah

  1. S2-2019-388666-abstract.pdf  
  2. S2-2019-388666-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-388666-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-388666-title.pdf