Relasi Vlog YouTube Arief Muhammad dalam Aspek Kultural Relationship dan Budaya Vlogging pada Viewers dari Kalangan Pemuda
AVINDA ESTI SARASWATI, Dr. Oki Rahadianto Sutopo
2018 | Skripsi | S1 SOSIOLOGIKemajuan teknologi digital terutama internet menghasilkan bentuk komunikasi media baru. Salah satu bentuk media baru yaitu YouTube. Terdapat berbagai jenis konten video di YouTube. Konten yang sedang menjadi trend tontonan kaum muda di YouTube Indonesia adalah Vlog. Vlog merupakan singkatan dari video blog. Salah satu kreator Indonesia yang mengunggah video berkonten Vlog adalah Arief Muhammad. Dalam penelitian ini mengungkap relasi pada aspek kultural relationship dan budaya Vlogging dari viewers yang termasuk dalam kategori kaum muda. Penelitian ini menggunakan metode etnografi digital. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya relasi konten Vlog Arief Muhammad dalam aspek kultural relationship yaitu menemukan informasi dari viewers yaitu dalam menjalin hubungan romantis. Sedangkan dalam aspek kultural yang lain yaitu budaya Vlogging dari partisipan merespon dengan membuat Vlog karena terinspirasi oleh Arief Muhammad. Personifikasi Vlogger dari Vlog Arief Muhammad memiliki relasi dalam membentuk budaya Vlogging. Aspek kultural relationship dan budaya Vlogging sebagai lifestyle yang berkosntribusi dalam wacana proyek pembentukan identitas diri yang terus direfleksikan.
Advances in digital technology especially the internet have produced new media. One of the new media is YouTube. There are various types of video content on YouTube. The popular content for young people on YouTube Indonesia is Vlogs. Vlog stands for video blog. One of Indonesian creators who uploaded Vlogs was Arief Muhammad. In this study revealed the relations on cultural relationship aspects and Vlogging culture from viewers who belong to the youth category. This research uses digital ethnographic methods. The results of this study indicate the existence of the relationship between Vlog Arief Muhammad's content in terms of cultural relationships in establishing romantic relationships. Whereas in other cultural aspects, Vlogging culture from the participants responded by making a Vlog because he was inspired by Arief Muhammad. Personification of Vlogger from Arief Muhammad�s Vlogs has a relation in shaping the culture of Vlogging. Cultural relationship aspects and Vlogging culture as a lifestyle that contributes to the project discourse formation of a self-identity that continues to be reflected.
Kata Kunci : Vlogs, romantic relationships, Vlogging culture, youth