Laporkan Masalah

Hubungan Antara Minat Terhadap Musik K-Pop Dengan Motivasi Belajar Bahasa Korea Pada Remaja

MATHILDA MARIA, Retno Suhapti, Dra., SU., MA., Psikolog

2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Aliran musik K-Pop dari Korea Selatan semakin mendunia beberapa tahun belakangan ini. Kelompok umur yang paling merasakan dampak K-Pop adalah remaja (15-21 tahun). Salah satu dampak yang muncul dari fenomena K-Pop tersebut adalah munculnya keinginan pada remaja untuk mempelajari Bahasa Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara minat terhadap musik K-Pop dan motivasi belajar Bahasa Korea pada remaja. Subjek penelitian mencakup remaja dalam rentang umur 15-21 tahun. Minat terhadap musik K-Pop diukur dengan skala minat yang dikembangkan dari skala Interest in Music (IiM) dan motivasi belajar Bahasa Korea diukur dengan skala motivasi yang dikembangkan dari skala Instructional Materials Motivation Scale IMMS. Analisis dengan menggunakan Pearson Product Moment yang menunjukkan hasil korelasi korelasi positif ( r = 0,558) dengan sumbangan efektif sebesar 31,1% (R2 = 0,311).

In recent years, South Korean Pop music (K-Pop) getting internationally recognized. Adolescents were amongst the highly affected group by this phenomenon. Evidently, we see emerging interest among adolescents to learn Korean language, partly to enable them to keep up with the newest updates of their idol or the culture itself. The purpose of this research is to examine the relationship between interest in K-Pop music and Korean language learning motivation among adolescents. The subject of this research are adolescents aged 15-21 years old with interest in K-Pop music. Interest in K-Pop music was measured using a scale developed from Interest in Music (IiM) scale, while Korean language learning motivation was measured using a scale developed from Instructional Materials Motivation Scale (IMMS). Analysis using Pearson Product Moment showed a positive correlation (r = 0.558,) between the two variables, which means interest in K-Pop music largely affects Korean language learning motivation (R2 = 0.311) among adolescents.

Kata Kunci : K-Pop, remaja, Korea, Minat, Motivasi Belajar

  1. S1-2018-347022-abstract.pdf  
  2. S1-2018-347022-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-347022-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-347022-title.pdf