Laporkan Masalah

IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus di Universitas Gadjah Mada)

ALI MURFI, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D; Drs. Ida Fajar Priyanto, M.A., Ph.D

2018 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Penelitian ini difokuskan menganalisis persepsi civitas akademika terhadap knowledge management dan implementasi knowledge management di Universitas Gadjah Mada meliputi sumber daya manusia (people), proses (process), pemanfaatan teknologi (technologies) dan knowledge sharing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggambarkan secara sistematis, fakta, karakteristik, objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang pentingnya implementasi knowledge management di lingkungan Universitas Gadjah Mada masih belum merata atau fase awal membentuk kesadaran. Adapun untuk membangun kesadaran ini upaya yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada melalui Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA), yaitu dengan pelatihan video dokumenter dan Academic Production House (APH) yang melibatkan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Implementasi knowledge management di Universitas Gadjah Mada sedang menuju ke arah yang lebih baik (on the track) dengan memiliki komitmen untuk membangun institusi berpusat pada pengetahuan, hal ini tercermin pada Visi Misi UGM, Paparan Kerja Rektor UGM 2017-2022, dan membentuk unit di tingkat Universitas, yaitu Pusat Inovasi dan Kajian Akademik (PIKA). PIKA ini memiliki program berupa Kanal Pengetahuan dan Informasi, dengan kategori; (a) Menara Ilmu, (b) Kuliah Tamu, (c) Kuliah Terbuka, (d) Diskusi Ilmiah, (e) Video Dokumenter, (f) Knowledge Translation, (g) Publikasi, dan (h) Penelitian. Kanal Pengetahuan dan Informasi ini bertujuan mengelola pengetahun (knowledge management) untuk berbagi pengetahuan (knowledge sharing) dan translate knowledge bagi civitas akademika di dan luar lingkungan Universitas Gadjah Mada. Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) di Universitas Gadjah Mada seperti proses transfer informasi antar individu, transfer tacit knowledge ke explicit knowledge, transfer dari explicit knowledge ke explicit knowledge dan transfer explicit knowledge ke tacit knowledge untuk dapat dimanfaatkan oleh pihak- pihak yang berkepentingan sudah dalam upaya dan hasil yang cukup baik. Knowledge sharing sedang dalam proses pengintegrasian antara orang (people), proses, dan teknologi informasi. Model implementasi knowledge management di Universitas Gadjah Mada belum memiliki standar baku untuk dijadikan visi strategis, dengan menggabungkan bagian-bagian organisasi menjadi satu kesatuan antara orang (people), proses (processes), dan teknologi (technologies) diselaraskan dengan fokus peningkatan tridharma perguruan tinggi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan daya saing perguruan tinggi.

This research is focused on analyzing the perception of academic community toward knowledge management and implementation of knowledge management at Universitas Gadjah Mada covering people, process, technology and knowledge sharing. This research uses descriptive research method that describes systematically, facts, characteristics, objects and subjects are researched appropriately. The results showed that the perception of the importance of implementation of knowledge management in the Universitas Gadjah Mada is still uneven or the initial phase of forming awareness. The awareness of this effort is done by Universitas Gadjah Mada through the Center of Innovation and Academic Assessment (PIKA), namely by training video documentary and Academic Production House (APH) involving lecturers, educational staff, and students. Implementation of knowledge management at Universitas Gadjah Mada is moving towards a better direction (on the track) with a commitment to build an institution centered on knowledge, this is reflected on the Vision and Mission of UGM, UGM Rector Employment Exposure 2017-2022, and forming units at the level University, the Center for Innovation and Academic Assessment (PIKA). PIKA has a program in the form of Knowledge and Information Channels, with categories; (d) Scientific Discussion, (e) Documentary Video, (f) Knowledge Translation, (g) Publications, and (h) Research. The Knowledge and Information Channel aims at managing knowledge management for knowledge sharing and translate knowledge for academic community in and outside the environment of Universitas Gadjah Mada. Knowledge sharing at Universitas Gadjah Mada such as the process of transfer of information between individuals, transfer of knowledge to explicit knowledge, transfer from explicit knowledge to explicit knowledge and transfer of explicit knowledge to tacit knowledge to be utilized by interested parties already in the effort and the results are passably. Knowledge sharing is in the process of integrating people, processes, and information technology. The implementation model of knowledge management at Universitas Gadjah Mada does not yet have a standardized standard to be a strategic vision, by incorporating parts of the organization into one unity between people, processes and technology aligned with the focus of higher education tridharma as efforts to improve the quality and competitiveness of universities.

Kata Kunci : Knowledge Management, People, Proses, Teknologi, Knowledge Sharing.

  1. S2-2018-405131-abstract.pdf  
  2. S2-2018-405131-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-405131-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-405131-title.pdf