Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia
TRI UTAMI ROSEMARWATI, Lisa Lindawati, S.I.P., M.A.
2018 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASIMengutip konten media sosial ke dalam sebuah berita sejatinya merupakan fenomena kontemporer jurnalisme yang terjadi di seluruh dunia. Meski telah banyak penelitian yang menyelidiki fenomena ini, belum banyak penelitian serupa dilakukan di Indonesia. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memetakan pola penggunaan media sosial sebagai sumber berita oleh jurnalis media daring di Indonesia. Pola penggunaan ini berhubungan dengan proses pemilihan dan pemilahan konten di media sosial, serta bagaimana jurnalis membangun kepercayaan dan memverifikasi konten media sosial. Peneliti melakukan survei luring dan daring terhadap 77 jurnalis dari 19 media daring di Indonesia. Riset ini menunjukkan tingginya adopsi media sosial sebagai sumber berita meski mayoritas masih menjadikannya sebagai sumber sekunder. Informasinya yang dapat diakses dengan cepat dan mudah menjadi alasan utama jurnalis menggunakan media sosial sebagai sumber berita. Penelitian ini juga menemukan adanya preferensi berbeda di kalangan jurnalis terkait topik-topik, jenis media sosial, jenis konten, dan figur-figur yang biasanya digunakan kontennya untuk menulis berita. Menariknya, kendati tingginya penggunaan media sosial sebagai sumber berita, sebagian besar jurnalis dalam penelitian ini justru tidak benar-benar memercayai informasi yang mereka gunakan.
Social media content has been widely adopted as a news source and it had become a contemporary phenomenon of journalism all over the globe. Yet, while some academic studies had been undergone in several countries, it remains scarce in Indonesia; whereas understanding it is imperative to have better view of changes in journalistic workflows. Therefore, this study aims to examine Indonesian online journalists' pattern of using social media as a news source. This pattern is related to how journalists sort and select content in social media along with how they verifiy and build trust over social media content. An offline and online survey were conducted to 77 journalists from 19 Indonesian online media outlets. Findings showed that social media is highly adopted as a news source though majority still used it as secondary source. Social media's fast and easy access to updated information became journalists' number one reason to use it as a news source. This study also found distinct preferences among journalists about topics, social media sites, type of content, and figures they often used to write news. Interestingly, albeit journalist high adoption of social media as a news source, most of them still hardly trust information they used from social media completely.
Kata Kunci : media sosial, sumber berita, jurnalisme daring, verifikasi, konten