OPTIMALISASI FASILITAS DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RAJA HAJI FISABILILLAH
ARUNG ANJANI, Cerry Surya Pradana,S.S., M.Sc.
2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATABandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah sebagai salah satu bandar udara di Kepulauan Riau yang memiliki fasilitas yang masih belum optimal dan memiliki beberapa masalah pada fasilitas yang dapat menghambat pengoptimalan pelayanan bandar udara. Tugas akhir ini mengangkat kajian Optimalisasi Fasilitas Bandar Udara Di Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui cara Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah dalam mengoptimalkan fasilitas yang ada. Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Jenis data yang diambil yaitu kualitatif dengan pengambilan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil observasi langsung dan wawancara, sedangkan data sekunder didapatkan dari buku maupun sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan bahwa bebrapa fasilitas di Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah masih belum optimal seperti pada fasilitas baggage claim, counter informasi dan customer service lounge, mushola, kids zone, wi-fi, check-in counter, dan signage.
Raja Haji Fissabilillah International Airport as one of the airport in Riau Island that has suboptimal facilities some problems that hampering the optimalization of airport services. This research discusses about Optimalization of Airport Facilities on Raja Haji Fishabilillah International Airport. The aim this research is to know about optimalization of Raja Haji Fisabillilah International Airport facilities. This research uses qualitative method through observation, interview, documentation, and literature. Data of this research applies primary and secondary data. Primary data is gotten from directly observation and interview. Meanwhile, secondary data gets from literature and website that relevant with this research. The result of this research shows that they are many suboptimal facilities in Raja Haji Fisabillilah international airport such as baggage claim, information counter and customer service lounge, mushola, kids zone, wi-fi, check-in counter, and signage.
Kata Kunci : Fasilitas, Optimalisasi, dan Bandar Udara