Laporkan Masalah

PENDEKATAN MULTILEVEL PROSES KEBERLANJUTAN ADOPSI TEKNOLOGI E-COMMERCE PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI WILAYAH YOGYAKARTA

GHINA FITRI A S, Dr. Sumiyana., M.Si.

2018 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penelitian yang diusulkan oleh sebelumnya dengan menambahkan social presence sebagai teori pendukung variabel kesiapan industrial bagi Usaha Kecil dan Menengah. Riset ini memberikan pemahaman baru atas proses keberlanjutan adopsi e-commerce pada Usaha Kecil dan Menengah di negara berkembang dengan menggunakan pendekatan multilevel yaitu organisasi, industrial, dan nasional. Penelitian ini juga membandingkan dua model yang diajukan. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online menggunakan google forms dan offline dengan metode konvensional. Pengolahan dan analisis data riset ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini mendukung semua hipotesis yang diajukan dan menjelaskan bahwa model basis konstruktif (second-order construct) lebih baik dan signifikan untuk melihat pengaruh semua variabel independen terhadap variabel dependen. Kesiapan organisasi, industrial, dan nasional akan memberikan pengaruh positif terhadap keberlanjutan proses adopsi pada Usaha Kecil dan Menengah yang lebih baik jika diujikan secara simultan.

This study aims to develop a model proposed by the previous study by adding a social presence as a theory supporting the industry readiness variable for Small and Medium Enterprises. This research provides new knowledge about the process of sustainable adoption of e-commerce in Small and Medium Enterprises in developing countries using organization, industrial, and national multilevel approach. The study also compared two proposed models. The data used in this study using an online questionnaire using forms of google and offline with conventional methods. Processing and data analysis of this research using Structural Equation Modelling (SEM). The results of this study support the proposed hypothesis and explain that the basis of constructive model (second order construct) is better and significant to see the effect of variables on the dependent variable. Organizational, Industrial, and National readiness will have a positive effect on the continuance adoption process of Small and Medium Enterprises better if tested simultaneously.

Kata Kunci : Pendekatan Multilevel, Kesiapan Organisasi, Kesiapan Industrial, Kesiapan Nasional, Keberlanjutan Adopsi E-Commerce, SEM.

  1. S2-2018-402464-abstract.pdf  
  2. S2-2018-402464-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-402464-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-402464-title.pdf